Senin, 16 November 2015

Soal Ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD




Soal Ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD


Soal Ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD - Berikut kami bagikan kepada Anda Soal berserta Kunci Jawaban UAS (Ujian Akhir Semester) Universitas Terbuka PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD



Butir Soal dan Kunci Jawaban

1.  Piaget membagi perkembangan mental anak menjadi empat tahapan. Tahapan dimana anak telah dapat melakukan konservasi logika tentang kelas dikenal ....
A.  Sensori motor
B.  Pre-Operasional
C.  Konkret Operasional
D.  Formal Operasional
Jawab :
A.  Benar,karena ilmu sosial lebih fokus dalam bidang tertentu yang sifatnya lebih khusus

2.  Pembelajaran IPA dengan bahasan udara yang bergerak mempunyai tekanan yang lebih rendah daripada udara diam diberikan alat peraga dua bola pimpong, benang, dan kayu. Dengan menggunakan pendekatan teori piaget, pembelajaran tersebut tepat diberikan pada anak pada tahap ....
A.  Sensori motorik
B.  Pre-Operasional
C.  Konkret Operasional
D.  Formal Operasional
Jawab :
A.  Benar, karena Pendekatan ilmu pengetahuan sosial lebih bersifat multidispliner dengan menggunakan berbagai bidang keilmuan

3.  Taksonomi hasil belajar menurut Gagne diantaranya diperolehnya keterampilan intelektual siswa. Contoh keterampilan intelektual siswa dapat diketahui melalui ....
A.  Penjelasan guru tentang fakta dan konsep
B.  Pertanyaan guru tentang bagaimana membedakan atau bagaimana mendefinisikan suatu konsep
C.  Pertanyaan tentang nama penemu
D.  Penejelasan tentang generalisasi suatu konsep
Jawab :
D.  Benar, karena Pengembangan materi pembelajaran IPS lebih banyak diambil dari perpaduan antara ilmu sosial, kehidupan kemasyarakatan dan lingkungan alam

4.  Keterampilan intelektual dapat dijelaskan sebagai keterampilan diskriminasi konsep konkret, konsep terdefinisim, dan aturan keterampilan diskriminasi suatu konsep dapat dicontohkan sebagai berikut:
A.  Membedakan antara lingkungan bersih dan tercemar
B.  Menunjukkan benda terapung, melayang dan tenggelam
C.  Memberikan definisi tentang bunga lengkap
D.  Memberikan demonstrasi tentang udara mempunyai berat
Jawab :
D.  Benar, Program pembelajaran pendidikan IPS yang layak harus mampu mengembangkan ketiga komponen aspek kognitif, afektif dan psikomotor

5.  Dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dengan topik bahasan udara bergerak mempunyai tekanan, memulai pembelajaran dengan memberi pertanyaan tentang udara dan fungsinya untuk mengetahui pemahaman awal siswa. Menurut Ausubel, yang dilakukan guru tersebut menggunakan prinsip ....
A.  Diferensiasi progresif
B.  Diferensiasi integratif
C.  Rekonsiliasi progresif
D.  Rekonsiliasi integratif
Jawab :
D.  Benar. karena Perkembangan PIPS dan PDIPS secara konseptual terkait erat pada konsep dan menurut sejarah perkembangan IPS, dimana IPS adalah terjemahan

6.  Pendekatan pembelaran IPA yang memerlukan obyek konkrit eksplorasi, mendapatkan fakta untuk memahami sesuatu disebut dengan pendekatan ....
A.  Faktual
B.  Keterampilan proses
C.  Konseptual
D.  Lingkungan
Jawab :
B.  Benar, karena Pendidikan disiplin ilmu pengetahuan sosial (PDIPS) di bina pada program pendidikan ilmu-ilmu sosial

7.  Hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan konsep dapat dilihat berdasarkan ....
A.  ketercapaian kompetensi dasar yang telah dirumuskan
B.  ketercapaian dalam pemeilihan metoda pembelajaran
C.  ketercapaian penyelesaian tugas yang diberikan
D.  Kesesuaian antara kompetensi dasar dengan topik bahasan yang disajikan
Jawab :
C.  Benar, karena pendidikan IPS terintegrasi dengan pendidikan kewargaan negara

8.  Pembelajaran IPA tentang air mempunyai berat ditunjukkan oleh kegiatan percobaan mengukur berat air pada volume : 1 liter, 2 liter, 3 liter, 4 liter dan 5 liter. Pernyatan yang benar untuk variabel bebas adalah ....
A.  berat air
B.  volume air yang berbeda-beda merupakan variabel bebas
C.  perbedaan berat air merupakan variabel bebas
D.  volume air di akhir percobaan
Jawab :
C.  Benar, karena pendidikan IPS terintegrasi dengan pendidikan kewargaan negaraaA. Benar,karena dengan berlakunya UU No. 2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cakupan pendidikan IPS muncul dua bahan kajian kurikuler pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan

9.  Siswa mampu mengelompokkan objek-objek atau menginformasikan berdasarkan karakteristik yang dimilikinya dengan mengacu pada metode tertentu. keterampilan yang dimiliki siswa tersebut tergolong keterampilan ....
A.  Mengobservasi
B.  Mengklasifikasi
C.  Membedakan
D.  Menjelaskan
Jawab :
C.  Benar, karena IPS lebih merupakan sebagai bidang kajian tentang gejala dan masalah sosial

10. Dalam pembelajaran IPA di SD tentang perubahan wujud, guru menyiapkan seperangkat alat dan bahan seperti, bak, thermometer, pemanas air, dan es. Setelah siswa selsai melakukan percobaan, siswa diminta untuk menjelaskan hasil temuannya. Keterampilan yang diperoleh siswa pada pembelajaran tersebut adalah ....
A.  Memprediksi
B.  Mengobservasi
C.  Mengklasifikasi
D.  Mengkomunikasi
Jawab :
A.  Benar, karena studi sosial merupakan suatu bidang pengkajian tentang gejala masalah sosial

11. Di halaman sekolah terdapat 50 tanaman berdaun hijau. Pak guru meminta siswa mengamati bentuk / jenis daun dari seluruh tanaman yang tumbuh di halaman sekolah. Selain daun, siswa juga diminta mengamati 5 jenis bunga yang tumbuh pada tanaman tersebut. Ke-50 jenis daun dari tanaman yang ada di sekolah dapat digolongkan sebagai:
A.  Sampel
B.  Populasi
C.  Survey
D.  Variabel
Jawab :
B.  Benar, karena dari segi ilmu politik, kekuasaan tertinggi penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis terletak pada kepercayaan rakyat yang memberikan wewenang

12. Pada pembelajaran IPA dengan bahasan "Air menekan ke segala arah dan semakin ke bawah tekanan semakin besar", menggunakan bahan air dan peralatan ....
A.  kaleng yang dilubangi dan plastisin sebagai penutup kubang
B.  wadah / gelas dan pasir dan diberi air
C.  kaleng berisi air dan dipanaskan
D.  wadah / gelas, pengaduk, garam, gula
Jawab :
B.  Benar, karena menurut J. Barent Ilmu Politik mempelajari Negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya

13. Pembelajaran terintegrasi inter disiplin dengan tema Air dan kegunaannya untuk siswa kelas IV dapat dilakukan melalui tahapan ....
A.  mengkaitkan konsep-konsep sifat air, wujud air, manfaat air bagi makhluk hidup
B.  mengkaitkan konsep-konsep sifat air, fungsi air, jumlah air yang dibutuhkan bagi masayarakat sekitar / penjernihan air
C.  mengkaitkan konsep-konsep sifat air, jumlah debit air yang mengalir pada sungai, manfaat air
D.  mengkaitkan konsep-konsep sifat air, wujud air, rumus molekul air dan fungsi air sebagai penghantar listrik
Jawab :
D.  Benar, perusahaan pelayaran Belanda mengalami kerugian sehingga gagal dalam menjalankan tugas membangun perekonomian termasuk Latar belakang pelaksanaan Tanam Paksa

14. Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD kelas tinggi dapat diberikan berdasarkan keterkaitan antar konsep dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesia. Tema yang dipilih pada pembelajaran tersebut antara lain ....
A.  Matahari
B.  Pasar
C.  Banjir
D.  Benda padat, cair, dan gas
Jawab :
C.  Benar, karena maskapai inilah yang membiayai ekspedisi tersebut

15. Contoh alat evaluasi hasil belajar kepribadian diantaranya dapat ditunjukkan melalui pernyataan ....
A.  Dalam kerja kelompok, setiap anggota kelompok mendengarkan pendapat anggota kelompoknya
B.  Penanaman pohon palem hendaknya berjarak minimal 3 meter
C.  Harus ada pembagian kerja yang sama untuk setiap anggota kelompok
D.  Siswa yang pandai harus membantu siswa yang lambat dalam bekerja
Jawab :
A.  Benar, karena Budi Utomo berdiri lebih dulu dari pada Perhimpunan Indonesia

16. Langkah-langkah pembelajaran yang dapat dipilih guru dalam membelajarkan sistem pencernaan antara lain adalah melakukan kegiatan awal dengan ....
A.  menjelaskan susunan alat pencernaan
B.  menanyakan fungsi alat-alat pencernaan dalam tubuh
C.  menerangkan macam-macam alat pencernaan yang tertera pada alat peraga
D.  meminta siswa memakan biscuit yang diberikan guru, lalu bertanya tentang kemana jalannya makanan setelah ditelan
Jawab :
A.  Benar, karena pergerakan kedaerahan tidak menguntungkan perjuangan

17. Komponen silabus yang dikembangkan oleh guru yang berisi tentang penjabaran kompetensi yang ingin diperoleh siswa dia akhir setiap kegiatan pembelajaran tercantum dalam ....
A.  Indikator
B.  Materi pokok bahasan
C.  Kegiatan pembelajaran
D.  Kompetensi dasar
Jawab :
C.  Benar, karena Heiho dimasukkan ke dalam kesatuan militer aktif yang ikut bertempur

18. Dalam menyusun rancangan pembelajaran konsep esensial tentang Perpindahan Energi, kegiatan yang diberikan guru antara lain adalah guru ....
A.  mendeskripsikan perubahan energi listrik menjadi energi lain
B.  menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik secara lengkap
C.  menjelaskan cara perpindahan energi
D.  mendemonstrasikan contoh berbagai cara perpindahan energi listrik
Jawab :
C.  Benar, kecuali dan tidak benar keadaan jadi stabil malah gawat yang mengakibatkan G30S/PKI

19. Siswa Kelas III Sekolah Dasar telah berada pada tahap konkret operasional, pada pembelajaran IPA di kelas dengan bahasan "Perubahan Wujud Zat" contoh yang dapat diberikan guru adalah memperlihatkan proses perubahan wujud dari ....
1.  cair menjadi padat dengan menggunakan air dan alat pendingin
2.  padat menjadi uap dengan menggunakan kapur barus
3.  uap menjadi cair dengan menggunakan air dan alat pemanas
Jawab :
A.  Benar, karena memang geografi sebagai studi permukiman bukan hakikat geografi menurut Broek
         
20. Perbedaan pengertian asimilasi dan akomodasi dalam membangaun pemahaman dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.  asimilasi merupakan proses peningkatan pengetahuan kompleks melalui penggunaan pemahaman sebelumnya
2.  akomodasi adalah perubahan struktur mental awal anak sesuai dengan pengalamannya
3.  asimilasi merupakan penanaman struktur mental yang beradaptasi dengan struktur fisik
Jawab :
D.  Benar, karena Pendekatan yang digunakan dan disepakati oleh para pakar geografi

21. Model belajar penemuan dipandang sebagai suatu belajar yang terjadi apabila siswa tidak diberi konsep namun melakukan penemuan tentang konsep tersebut. Model belajar tersebut dimaksudkan agar siswa ....
1.  menemukan pengetahuan secara aktif
2.  mampu memecahkan masalah
3.  mendapatkan pengetahuan yang bermakna
Jawab :
D.  Benar, karena tempat tinggal tidak termasuk lingkungan tingkah laku
         
22. Bruner mengembangkan pembelajaran yang dikenal dengan model pembelajaran penemuan. Contoh model pembelajaran penemuan bagi siswa SD diantaranya dapat diterangkan melalui kegiatan siswa ....
1.  mengamati perubahan wujud
2.  menggambarkan contoh bunga lengkap
3.  membuat rancangan aliran listrik searah dan parallel
Jawab :
A.  Benar, karena Kurikulum Berbasis Kompetensi geografi dunia yang diajarkan di jenjang tingkat sekolah dasar hanya terbatas negara maju dan negara berkembang

23. Pandangan Piaget bila dikaitkan dengan pandangan Bruner dapat ditunjukkan oleh hal beriku:
1.  anak pada tahap sensori motorik sejajar dengan anak pada tahap penampilan enaktif
2.  anak pada tahap pre-operasional sejajar dengan anak pada tahap penambilan ikonik
3.  anak pada tahap operasional formal / logis sejajar denghan anak pada tahap simbolik
Jawab :
A.  Benar, Ilmu ekonomi perlu kita pelajari karena kebutuhan tidak terbatas

24. Taksonomi hasil belajar menurut Gagne diantaranya adalah ....
1.  informasi verbal
2.  keterampilan-keterampilan intelektual
3.  strategi kognitif
Jawab :
C.  Benar, karena masa depan termasuk Usaha seseorang dengan hidup berhemat agar bisa menabung

25. Berdasarkan skema disamping dapat dijelaskan bahwa
1.  Hewan menggunakan oksigen untuk mempertahankan proses hidup
2.  Tumbuhan menggunakan hewan dan karbon dioksida untuk mempertahan proses hidup
3.  Tumbuhan mengeluarkan oksigen
Jawab :
A.  Benar, Perusahaan Negara melakukan aktivitasnya bertujuan untuk pelayanan masyarakat

26. Dalam pembelajaran IPA di SD, pendekatan yang dilakukan guru meliputi ....
1.  Inkuiri Ilmiah
2.  Bekerja dan bersikap ilmiah
3.  Keterampilan berkomunikasi
Jawab :
A.  Benar, karena selalu dibutuhkan penyuluhan dan bimbingan terhadap koperasi

27. Pembelajaran IPA tentang makhluk hidup dan proses kehidupan di kelas III mendeskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Pendekatan pembelajaran yang dapat dilakukan guru antara lain:
1.  menggunakan lingkungan sekolah / halaman sekolah sebagai sumber belajar
2.  menjelaskan tentang penyebab sungai tercemar
3.  menjelaskan cara mencintai lingkungan agar bersih dan sehat
Jawab :
D.  Benar, karena berkonsentrasi tidak termasuk pengeritian individu sebagai makhluk sosia

28. Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV dengan topik bahasan Energi dan Perubahannya mempunyai kompetensi dasar peserta didik mampu menyimpulkan dari hasilo percobaan bahwa gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda. Pendekatan yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran tersebut antara lain adalah ....
1.  mendefinisikan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara
2.  melakukan analisis, sintesis dan evaluasi dalam membuat parasut dari plastik
3.  membuat kapal berbaling-baling dari logam
Jawab :
B.  Benar, karena termasuk kekuatan mengikat lebih besar daripada cara (usage)

29. Metoda diskusi dapat dipilih guru untuk melengkapi kegiatan percobaan yang telah dilakukan siswa. Namun guru perlu menguasai / memahami keaktifan tiap individu siswa karena kelemahan penggunaan metoda diskusi antara lain adalah ....
1.  mempertinggi peran serta siswa secara perorangan
2.  pembicaraan didominasi oleh pinpinan diskusi
3.  siswa yang pandai cenderung aktif berbicara
Jawab :
D.  Benar, karena interaksi dalam masyarakat ialah interaksi antara anggota, anggota dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok

30. Pembelajaran IPA dengan topik terapung, melayang, dan tenggelam untuk siswa kelas III akan lebih tepat diberikan bila guru menggunakan metoda ....
1.  eksperimen
2.  diskusi
3.  demonstrasi
Jawab :
B.  Benar, karena bentuk dan norma lebih luas pengertian dibanding dengan unsur yang mengatur tingkah laku hanya terbatas pada unsur yang mengatur tingkah laku

31. Pembelajaran IPA dengan topik bumi berutar pada porosnya dan bumi mengelilingi matahari, dapat diberikan guru dengan menggunakan metoda ....
1.  ceramah dan gambar-gambar
2.  simulasi
3.  eksperimen
Jawab :
A.  Benar, karena tradisi tersebut merupakan contoh dari Ascribed-Status

32. Siswa melakukan penyelidikan tentang macam-macam bentuk tulang daun, dari sejumlah tanaman yang tumbuh di halaman sekolah. Keterampilan proses terintegrasi yang diperoleh siswa antara lain adalah ....
1.  mengobservasi
2.  mengukur
3.  mengklasifikasi
Jawab :
C.  Benar, karena contoh tersebut statusnya secara subjektif akan naik

33. Guru mengajarkan materi "Aliran listrik seri dan parallel" melalui percobaan dengan memberikan seperangkat alat dan Lembar Kerja Siswa Variabel yang terdapat pada keterampilan proses terintegrasi pada percobaan tersebut diantaranya adalah ....
1.  membuat kesimpulan berdasarkan hasil observasi
2.  mengamati hasil percobaan
3.  menuliskan perbedaan dua benda yang diamati
Jawab :
A.  Benar, kebudayaan meliputi; pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum adapt istiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat

34. Pernyataan yang benar untuk rumusan hipotesis adalah ....
1.  jika suhu air meningkat, maka jumlah oksigen yang terlarut di dalamnya akan menurun
2.  mengurangi valomeair akan menyebabkan menurunnya berat air
3.  meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan melalui penggunaan variasi media
Jawab :
B.  Benar, karena sifatnya abstrak yang meliputi kompleks dari ide, norma-norma

35. Prinsip pemilihan media dalam pembelajaran IPA antara lain adalah ....
1.  sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.  memberi kesempatan siswa untuk mempelajari atau berpartisipasi dalam pembelajaran
3.  mempertimbangkan kepraktisan, biaya serta sifat media
Jawab :
B.  Benar, karena akulturasi atau accuturation atau culture

36. Peran alat peraga dalam pembelajaran IPA dengan pendekatan proses adalah ....
1.  membangkitkan keingintahuan siswa tentang materi yang diajarkan
2.  memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa karena pembelajaran akan tersimpan lama dalam ingatannya
3.  memberikan pengalaman nyata kepada siswa sehingga terlatih untuk mandiri dalam bekerja
Jawab :
A.  Benar, karena Pasal 32 ayat 1 menyebutkan Negara berkewajiban memajukan kebudayaan nasional Indonesia hal ini terdapat dalam UUD 1945

37. Dalam mendesain alat percobaan sederhana, guru hendaknya memperhatikan kelayakan penggunaan alat peraga tersebut. Adapun pertimbangan yang dilakukan guru dalam pemilihan alat peraga adalah ....
1.  alat peraga tersedia di lingkungan sekolah / tempat tinggal siswa
2.  alat peraga muda / tidak rumit digunakan
3.  semua siswa harus terampil menggunakanny
Jawab :
D.  Benar, karena adanya keputusan yang jelas tidak termasuk unsur-unsur Negara hukum (rechtsstaat)

38. Pembelajaran terintegrasi adalah pembelajaran yang ....
1.  mengkaitkan konsep-konsep dalam satu disiplin ilmu
2.  mengkaitkan konsep-konsep dalam satu rumpun bidang studi
3.  mengkaitkan konsep-konsep dalam berbagai disiplin ilmu
Jawab :
A.  Benar, karena sama dengan materi UU

39. Pembelajaran terintegrasi untuk siswa SD kelas rendah dapat digunakan tema "Gosok Gigi". Pembelajaran terintegrasi tersebut merupakan keterkaitan antar konsep dan mata pelajaran ....
1.  Bahasa Indonesia
2.  Ilmu Pengetahuan Alam
3.  Ekonomi
Jawab :
B.  Benar, karena Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh rakyat langsung dan karena itu secara politik tidak bertanggung jawab kepada MPR atau parlemen melainkan bertanggung jawab pada langsung kepada rakyat yang memilihnya

40. Pengukuran keberhasilan seseorang dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan alat ukur atau tes. Keberhasilan seseorang tersebut dapat diukur tidak hanya berdasarkan penguasaan terhadap materi tetapi berdasarkan dampak penguasaan terhadap jenjang ....
1.  Proses berfikir
2.  Pengembangan kepribadian
3.  Kemampuan keterampilan
Jawab :
C.  Benar, karena fungsi anggaran terdapat dalam pasal 23 ayat (3) UUD 1945

41. Evaluasi proses adalah pelaksanaan pengukuran yang bertujuan untuk ....
1.  mengetahui apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai
2.  mengukur kemampuan kognitif siswa
3.  mengetahui kesulitan peserta didik dlam mencapai tujuan pembelajaran
Jawab :
D.  Benar, karena Perlindungan dari pemajuan hak asasi manusia merupakan tanggung jawab negara terutama pemerintah

42. Contoh alat evaluasi proses dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang benar antara lain adalah ....
1.  Mengukur suhu air dengan menggunakan thermometer yang ditempelken pada alat penahan
2.  Memegang anak timbangan dengan tangan secara langsung
3.  Mengenali bau sampah akibat proses pembusukkan bahan organik
Jawab :
B.  Benar, karena pembentukan sikap seseorang amat tergantung pada informasi yang diterima pada cirinya karena informasi dapat merubah sikap seseorang

43. Pelaksanaan evaluasi hasil belajar dapat dilakukan melalui alat ukur tes tertulis atau lisan. Tes tertulis lebih serng dipilih guru dengan pertimbangan ....
1.  dapat mencakup banyak siswa
2.  waktu yang digunakan lebih sedikit
3.  mempunyai kesempatan memperoleh pertanyaan yang sama untuk semua peserta didik
Jawab :
D.  Benar, karena polisi secara fisik sebagai sumber kontrol sosial

44. Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dilakukan dengan mengacu pada peraturan ....
1.  Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003
2.  Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahun 2005
3.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22, 23, 24 tahun 2006
Jawab :
C.  Benar, karena Guru yang baik haruslah memiliki metode yang baik, dan guru yang terbaik ditentukan oleh metode yang dikuasainya

45. Pengembangan KTSP ditujukan untuk pengembangan kompetensi peserta didik. Dasar pengembangannya adalah ....
1.  adanya kebutuhan dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan
2.  memberi pengalaman pada peserta didik untuk memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
3.  kepentingan pemerintah pusat dan daerah untuk kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Jawab :
B.  Benar, karena Teknik mengungkap pemikiran melalui brainstorming lebih tepat dikategorikan sebagai latihan berpikir kreatif

46. Dalam penyusunan KTSP memerlukan sejumlah komponen terkait dengan pengembangannya. Komponen-komponen tersebut antara lain adalah ....
1.  Merumuskan misi sekolah
2.  Merumuskan tujuan Instruksional Umum
3.  Tujuan satuan pendidikan
Jawab :
B.  Benar, karena Tahap model pembelajaran mencapai solusi yang dapat dipertanggungjawabkan menurut Savage and Armstrong, dapat ditafsirkan merumuskan kesimpulan berdasarkan analisis data dan informasi

47. Dalam mengembangkan rancangan pembelajaran di kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, langkah-langkah pengembangan silabus yang dilakukan guru antara lain adalah ....
1.  mengkaji kompetensi dasar dengan memperhatikan keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran
2.  mengkaji kompetensi dasar dengan memperhatikan keterkatian standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
3.  mengidentifikasi materi pokok dengan mempertimbangkan potensi peserta didik
Jawab :
A.  Benar, karena Model pembelajaran problem solvingdapat membina siswa mengantarkan pada kemampuan sikap dan perilaku mandiri dalam mengatasi masalah

48. Materi essensial kelas IV diantaranya adalah lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Salah satu bahasan yang dapat dipilih guru adalah pencemaran air. Rancangan pembelajaran yang dapat dilakukan diantaranya adalah ....
1.  mengajak siswa mengamati saluran air di sekitar sekolah
2.  mempertunjukkan gambar-gambar film tentang sungai yang berwarna kelam dan sungai yang bersih
3.  mengamati gambar mencairnya gunung es akibat panas yang tinggi
Jawab :
A.  Benar, karena siswa perlu dilatih untuk keterampilan untuk pengambilan suatu keputusan

49. Dalam menyajikan pembelajaran IPA kelas V tentang Lingkungan Sehat, metoda yang dapat dipilih guru antar lain adalah ....
1.  kunjungan lapangan / observasi di daerah sekitar sekolah
2.  eksperimen / demonstrasi di kelas tentang uji kandungan zat berbahaya dalam air sungai
3.  ceramah dan tanya jawab tentang gambar-gambar lingkungan sehat
Jawab :
D.  Benar, karena berandai-andai termasuk dalam pengembangan pemahaman dan sikap dalam pembelajaran IPS

50. Pembelajaran IPA di SD dengan topik bahasan Perpindahan Energi Listrik, guru merancang pembelajaran dengan menggunakan alat peraga rangkaian listrik sederhana seperti logam dasar, kayu, baterai, lampu, kabel, ulir lampu dan penjepit. Konsep-konsep yang dipilih guru melalui pembelajaran tersebut adalah
1.  konduktor dan isolator
2.  rangkaian listrik seri dan parallel
3.  rangkaian tertutup
Jawab :
B.  Benar, karena menarik minat siswa untuk memecahkan persolan disekitarnya adalah termasuk dalam pengembangan keterampilan dasar IPS


Sekian artikel tentang Soal Ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Soal Ujian UT PGSD PDGK4202 Pembelajaran IPA di SD

1 komentar: