Kamis, 03 Desember 2015

Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis




Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis


Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis - Berikut kami bagikan kepada Anda Soal berserta Kunci Jawaban Ujian Universitas Terbuka Jurusan PGSD Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis.
Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis



Soal Beserta Pembahasan Kunci Jawaban Keterampilan Menulis PDGK4305


1. Ketika menerima hasil karangan yang diperiksa tutor, Pak Harjito (Pak Har) terkejut. Ternyata apa yang dituliskannya banyak yang keliru, baik ejaan, paragraf, maupun tata kalimatnya. Hampir tiap kalimatnya juga terdapat tanda koreksi dari sang tutor. Pak Har memang beranggapan bahwa menulis itu seperti yang biasa ia lakukan, saat ada ide, Pak Har pun menulis dan tidak berpikiran mengoreksi kembali tulisannya.

Pertanyaan: Benarkah anggapan Pak Har tersebut? Kaitkan jawaban Saudara dengan pemikiran bahwa menulis merupakan sebuah proses.

Jawaban:
Anggapan Pak Har tentang kegiatan menulis tidak benar. Pak Har menganggap bahwa menulis itu harus sekali jadi. Padahal, dalam menulis ada tiga tahapan yang harus dilalui, yakni prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan, dan ini merupakan konsep menulis sebagai proses.

Dalam tahap prapenulisan, Pak Har mestinya membuat kerangka tulisan, menganalisis siapa audience yang akan membaca, dan untuk acara apa tulisannya akan digunakan. Dengan menyusun kerangka dan menganalisis sasaran pembaca, Pak Har telah melalui tahapan yang benar sehingga ia tinggal mengembangkan apa yang telah dipersiapkan dalam prapenulisan.

Dalam tahap penulisan, Pak Har mengembangkan kata demi kata, kalimat demi kalimat, dengan berpedoman pada kerangka dan pokok-pokok pikiran yang telah dipersiapkan.
Dalam tahap pascapenulisan, Pak Har perlu memeriksa ulang tulisan yang telah dibuatnya. Kesalahan-kesalahan ejaan, huruf besar, dan tanda baca, sangat mungkin terjadi.

Bahkan, kesalahan isi materi, juga dimungkinkan terjadi, misalnya salah menyebut UU atau PP. Dengan melewati tiga tahap ini, Pak Har telah melalui prosedur yang benar untuk menghasilkan sebuah tulisan.


2. Dalam penalaran deduktif, digunakan silogisme dan entimem sebagai alat penalarannya. Nah, atas dasar itu, Saudara jelaskan apakah perbedaan silogisme dengan entimem!

Jawaban:
Sebelum menjelaskan perbedaan antara silogisme dan entimem, perlu dijelaskan dahulu pengertian silogisme dan entimem.
Silogisme merupakan suatu proses penalaran yang menghubungkan dua proposisi (pernyataan) yang berlainan untuk menurunkan sebuah kesimpulan yang merupakan proposisi ketiga yang berupa kesimpulan.

Contoh :
Premis mayor : Semua dosen memiliki kecerdasan intelektual
Premis minor : Rofiyah adalah dosen
Kesimpulan : Jadi, Rofiyah adalah dosen
Entimem merupakan bentuk silogisme yang tidak lengkap karena bagian yang telah dipahami dihilangkan.

Contoh :
Premis mayor : Semua pilot adalah manusia-manusia terpilih
Premis minor : Suryo adalah pilot
Kesimpulan : Jadi, Suryo adalah manusia-manusia terpilih

Ketidaklengkapan silogisme di atas terletak pada premis minor yang semestinya berbunyi “Dino adalah pilot, manusia-manusia terpilih”, tetapi karena dianggap telah dipahami, kata “manusia-manusia terpilih” tidak digunakan lagi.
Berdasarkan dua penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa perbedaan keduanya terletak pada lengkap tidaknya presmis yang digunakan. Dalam silogisme, seluruh bagian yang akan diturunkan (dibuat proposisi) dihadirkan secara utuh, sedangkan dalam entimem, karena dianggap telah dimengerti, salah satu bagian premisnya dihilangkan. Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa entimem merupakan silogisme yang bentuknya dipersingkat.


3. Bacalah kutipan berikut secermat mungkin!
Penelitian terhadap penyakit kulit akibat orang bekerja pada pabrik tekstil yang dikemukakan dr. Unandar Budimulia, dr. Sudirman, dan dr. Adi Juanda, menunjukkan bahwa karyawan di bagian pemutihan ada yang mengidap dermatitis yang kronis karena kontak dengan air panas dan zat kimia yang digunakan untuk memutihkan bahan.

Di bagian pemintalan, ditemukan dermatitis-kontak akibat komponen tertentu dari ”minyak putih” yang dipakai sebagai minyak pelumas. Pada bagian pemutihan ini benang diolah menjadi putih. Zat pemutihnya terdiri atas air, kaporit, dan asam keras. Bahan yang diputihkan direndam dalam larutan kaporit yang panas selama beberapa waktu.

Bahan itu kemudian dibilas sampai bersih dan dikeringkan. Selama bekerja, sebagian besar pekerja tidak diberi atau tidak mau menggunakan alat pelindung, misalnya sepatu dan sarung tangan. Kontak langsung dengan larutan kimia itu menimbulkan berbagai kerusakan kulit (Republika, 2005).

Pertanyaan:
a. Tentukan jenis wacana dan alasan yang memperkuat jawaban Saudara!
b. Berdasarkan posisi kalimat topiknya, termasuk jenis paragraf apakah paragraf tersebut (deduktif, induktif, atau campuran)!
c. Tentukan judul yang cocok untuk wacana tersebut!

Jawaban:
(a) Berdasarkan kutipan yang ada dalam soal nomor 3 saya berpendapat bahwa tulisan tersebut berjenis eksposisi. Dalam kutipan tersebut, penjelasan-penjelasan yang diuraikan hanya bersifat memaparkan saja, tidak ada unsur membandingkan atau memberikan data efek zat pemutih. Meskipun tertulis sebagai hasil penelitian, tetapi penelitian tersebut tidak dirinci secara detail, melainkan hanya diinformasikan sebagai bahan pengetahuan pembaca.

(b) Berdasarkan posisi kalimat topiknya, contoh kutipan termasuk paragraf deduktif, yakni paragraf yang kalimat topik terletak di awal, didahului dengan penjelasan yang khusus yakni paparan hasil penelitian terhadap para buruh pabrik yang ternyata mengidap penyakit karena efek pemutih.

(c) Judul yang tepat adalah “Efek Zat Pemutih Bagi Kesehatan”


4. Saudara ditunjuk Kepala Sekolah untuk menjadi Ketua Panitia Hari Pendidikan Nasional. Salah satu agenda acaranya adalah lomba baca puisi tingkat SD se-Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Untuk keperluan tersebut, Saudara harus menghubungi Drs. Hendra Saputra, M.Pd., dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Semarang, untuk diminta sebagai juri. Lomba akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Juli 2009, pukul 08.30 WIB s.d. selesai, bertempat di SD tempat di mana Saudara mengajar, yakni SDN Iser 09, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. Alamat. Jalan Kyai Ragil, Desa Iser, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang 52362, Telepon (0284) 345678.

Pertanyaan:
Buatlah surat undangan untuk menghubungi dewan juri tersebut dengan format yang benar. Jangan lupa tulis pula pihak-pihak yang harus Saudara beri tembusan suratnya.

Jawaban:
Surat dinas untuk menghubungi seorang dewan juri dalam rangka lomba baca puisi di tempat saya mengajar dengan format surat dinas pemerintah/organisasi


DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN DATI II PEMALANG
RANTING KECAMATAN PETARUKAN
SDN ISER 09
Jalan Kyai Ragil, Desa Iser, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang 52362,
Telepon (0284) 345678



Nomor : 03/U/B/2009 6 Juni 2009
Lampiran : Satu berkas
Hal : Permohonan menjadi Juri


Yth. Drs. Hendra Saputra, M.Pd.
Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
FBS, Universitas Negeri Semarang
di tempat


Dengan hormat,
Dalam rangka memeriahkan hari Pendidikan Nasional, kami akan menyelenggarakan Lomba Baca Puisi Tingkat SD se-Kabupaten Pemalang. Sehubungan dengan kegiatan tersebut, kami mengharap kesediaan Bapak untuk juri dalam lomba yang akan diselenggarakan pada:

hari, tanggal : Sabtu, 25 Juli 2009
waktu : Pukul 08.30 s.d. selesai
tempat : Gedung Kesenian SD Iser 01

Ketentuan tentang teknis pelaksanaan dan formulir kesediaan Bapak menjadi dewan juri kami sertakan dalam lampiran.

Atas perhatian Bapak kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Ketua Panitia


(Jangan lupa ditandatangani)
Sukirmanto, S.Pd.
NIP 132222555

Tembusan
1. Ketua Jurusan Pend. Bhs. dan Sastra Indonesia, Unnes
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pemalang
3. Ka. UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Petarukan
4. Kepala Sekolah SDN Iser 01



Sekian artikel tentang Soal Ujian UT PGSD Keterampilan Menulis PDGK4305 Semester 6, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Soal Ujian UT PGSD PDGK4305 Keterampilan Menulis

0 komentar:

Posting Komentar