Jumat, 01 Juni 2018

pdgk4302 pembelajaran kelas rangkap




pdgk4302 pembelajaran kelas rangkap

pdgk4302 pembelajaran kelas rangkap,rangkuman pembelajaran kelas rangkap modul 5,rangkuman pembelajaran kelas rangkap modul 4,modul pembelajaran kelas rangkap pgsd,pembelajaran kelas rangkap pdf,makalah pembelajaran kelas rangkap modul 3,makalah pembelajaran kelas rangkap modul 5,pembelajaran kelas rangkap ut,materi pembelajaran kelas rangkap,pdgk4302 pembelajaran kelas rangkap,pendidikan seni di sd universitas terbuka,soal uas ut idik4010,contoh soal ujian penulisan karya ilmiah,program semester kelas 1 sd tematik ktsp,soal ujian pdgk 4406,pdgk 4106,soal ujian ut bahasa inggris


pdgk4302 pembelajaran kelas rangkap,soal uas ut pdgk 4407,contoh soal ujian ut pgsd,download soal uas ut pgsd,mkdk4001,silabus paket a setara sd,silabus ktsp sd kelas 2 semester 2,pdgk4104,site:.blogspot.com,kumpulan soal uas ut pgsd,soal pendidikan jasmani dan olahraga ut,soal ut pgsd semester 10,soal ut semester 8,download soal uas ut,soal ujian idik 4010,contoh rpp ktsp sd pdf,perspektif pendidikan sd,soal ujian ut semester 7,soal keterampilan menulis ut semester 6,soal matematika kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban,soal ujian ut non pendas 2015,soal ujian universitas terbuka download,soal ujian ut pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sd,soal ujian ut,soal uas ut semester 6,contoh soal pdgk 4405,soal ujian perspektif pendidikan sd,latihan soal uas ut pgsd,rangkuman pdgk4106 pendidikan ips di sd,soal ujian ut pgsd idik4007,download soal ujian ut,soal uas matematika ut pgsd,download rpp ktsp sd,soal ujian ut semester 4,soal ujian keterampilan menulis ut,mkdk4001 pengantar pendidikan,rpp tematik kelas 2 semester 2 terbaru,soal ujian ut matematika,bahasa inggris untuk guru sd pdgk 4304,rangkuman pdgk 4304,soal ujian ut semester 9,soal ujian ut pdgk 4406,soal ujian ut pgsd semester 1,persamaan kuadrat,soal ut pgsd semester 6,soal ut semester 6,pdgk 4302,soal ujian matematika ut,rpp kelas 3 sd ktsp 2006 doc,soal pdgk 4108,rangkuman pdgk4108,soal ujian ut pembelajaran pkn di sd,rangkuman pdgk 4505,soal ujian ut 2015,soal uas ut pembelajaran pkn di sd,soal ujian ut pdgk 4407,soal ut semester 2,soal dan jawaban matematika pdgk4108,contoh soal ut,soal ujian pgsd ut,soal uas semester,soal ujian ut pdgk4101,kisi - kisi soal ut,rangkuman modul pdgk 4304,contoh soal strategi pembelajaran di sd ut,soal ujian pdgk 4407,download rpp ipa kelas 3 sd ktsp,soal uas ut teknik penulisan karya ilmiah,soal ujian ut non pendas 2017,silabus prakarya kelas 9 kurikulum 2013,soal pdgk 4205,soal pendidikan seni di sd,pdgk4304,minak jinggo,soal uas ut strategi pembelajaran di sd,mata kuliah s1 pgsd ut semester 9,soal ujian ut semester 5,soal materi dan pembelajaran ipa sd pdgk 4503,soal ujian ut 2017,soal pgsd,soal ujian pdgk4101,soal pdgk 4504,soal soal ujian ut,soal ujian pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sd,soal ujian ut semester 2,soal ujian ut pdgk 4101,soal uas ut komputer dan media pembelajaran,pdgk 4407,soal ut pdgk 4108,silabus paket b setara smp,soal matematika ut pdgk4108,soal ujian ut pgsd idik4010,download kurikulum ktsp sd lengkap,soal uas pgsd ut,soal uas ut pendidikan ips di sd,karya ilmiah ut semester 8,soal perspektif pendidikan sd,soal ujian ut pdgk 4205,soal uas ut,soal ut pendidikan seni di sd,contoh rpp ktsp 2006 pdf,pdgk 4104,soal ujian pdgk 4405,soal ujian pdgk 4405 materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut pgsd pdgk 4405,soal ujian ut pgsd,soal ujian ut pendidikan seni di sd,soal uas ut pgsd,soal pdgk4405 materi dan pembelajaran ips sd,soal pdgk 4405,soal ujian ut pgsd semester 6,soal ut matematika pdgk4108,soal ujian ut pgsd semester 10,soal ujian materi dan pembelajaran ips sd ,soal uas ut pgsd semester 9,soal ujian ut pdgk 4208,soal uas ut pgsd semester 1,soal materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut semester 10,soal ujian ut materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut pgsd pdgk 4208,soal ujian ut pdgk 4405,rpp tematik kelas 2 semester 1 berkarakter,soal ujian ut pgsd 2017,contoh soal pdgk4405,soal ut semester 9,contoh soal pdgk 4208,soal uas ut semester 10,pdgk 4405,pdgk4304 bahasa inggris untuk guru sd,soal ujian ut pdgk 4502,soal ut pgsd,soal ujian ut semester 8,soal ut semester 10,soal ujian ut semester 6,soal pdgk 4405 materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut pendidikan ips di sd 2017,soal ujian ut pgsd semester 9,soal uas ut pgsd semester 10 ,contoh soal ut pgsd,soal ujian matematika ut pgsd,soal uas ut pgsd semester 8,pdgk4405,soal uas ut semester 8 ,soal uas pendidikan seni di sd,soal uas perspektif pendidikan sd ut,soal ujian ut mkdk4001 pengantar pendidikan,soal ut semester 7,soal ujian ut matematika pdgk 4108,soal ujian ut pgsd semester 8,download soal ujian ut pgsd,soal uas pdgk 4405,soal ujian ut idik4013,silabus prakarya kelas 9,soal ujian sekolah pendidikan agama katolik sd kelas 6,soal ujian ut pdgk 4201,soal ujian ut pgsd 2018,soal uas ut semester 9,silabus kelas 2 sd ktsp 2006 semester 1,pdgk4207 pendidikan seni di sd,rpp tematik kelas 3 semester 2 ktsp 2006,soal ujian ut semester 3 ,mkdk 4001,kurikulum ktsp sd lengkap,soal bahasa indonesia kelas 3sd semester 2,nilai ut non pendas,soal ujian pdgk 4403,pgsd,pdgk 4204,soal ujian ut pendidikan ips di sd ,kunci jawaban pembelajaran pkn di sd pdgk4201 (bagian 2),soal ujian ut pkn semester 1,soal ujian ut semester 1 ,soal karya ilmiah,kumpulan soal ujian ut,soal ujian ut pdgk 4301,contoh soal ujian ut semester 1,contoh soal uas ut semester 1,soal ujian ut keterampilan berbahasa indonesia sd,kunci jawaban pembelajaran pkn di sd pdgk4201 (bagian 1) ,pdgk4405 materi dan pembelajaran ips sd,download soal,soal perspektif,pdgk4203 pendidikan matematika 1 ,soal ujian semester 6 ut,modul pdgk4103,kumpulan soal uas ut,pdgk4208 pendidikan jasmani dan olahraga,modul matematika ut pdgk4108,silabus ktsp 2006 sd pdf,modul 11 perspektif pendidikan sd,download kurikulum ktsp sd doc,soal ujian pengantar pendidikan,soal dan kunci jawaban pdgk4108,rangkuman modul 10 pendidikan seni di sd,modul media pembelajaran,pendidikan seni di sd pdgk4207 ,soal matematika ut,rpp kelas 2 semester 2 ktsp,pembelajaran ipa di sd pdgk4202,prota kelas 1 sd ktsp,soal ujian pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus,soal ut pdgk 4502,soal pendidikan lingkungan hidup,soal ujian pdgk 4502,rpp ktsp kelas 2 semester 2 terbaru,soal ujian ut tahun 2018,soal ujian ut non pendas 2018,soal ut komputer dan media pembelajaran,makalah perspektif pendidikan sd modul 11,rpp kelas 1 semester 2 ktsp,rpp ktsp kelas 2 semester 1,soal bahasa indonesia ut,soal ujian ut pdgk 4204,contoh soal ujian ut semester 4,soal uas ut pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sd,peta konsep pendidikan seni di sd ut,soal pdgk 4407,pdgk4109 bahasa dan sastra indonesia di sd,soal ujian ut 2018,peta konsep pdgk 4204,rangkuman modul 9 pdgk 4304,soal ujian ut pdgk 4306,soal uas idik4010 komputer dan media pembelajaran,soal ujian ut strategi pembelajaran di sd,soal ujian ut pdgk 4202,soal matematika kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban kurikulum 2013,soal ujian ut idik4007,soal bahasa inggris kelas 2 sd semester 1,bahasa inggris untuk guru sd pdgk4304,soal ut pgsd semester 8,rangkuman modul pdgk 4407,mata kuliah semester 9 ut pgsd,program tahunan sd kelas 1,rangkuman pdgk 4504,silabus dan rpp kejar paket b,pdgk4106 pendidikan ips di sd,rangkuman matematika pdgk4108,soal pdgk 4502,soal pdgk 4101,pdgk4305 keterampilan menulis,soal uas ut pdgk 4405,contoh soal ujian ut,soal ujian universitas terbuka s1 paud,soal ujian perspektif global,rpp ipa kelas 3 sd ktsp 2006 ,program tahunan tematik kelas 1 sd ktsp,soal ujian komputer dan media pembelajaran idik4010,soal ujian ut paud semester 3,soal ujian ut pdgk 4108,ujian,pendidikan seni di sd universitas terbuka,soal uas ut idik4010,contoh soal ujian penulisan karya ilmiah,program semester kelas 1 sd tematik ktsp,soal ujian pdgk 4406,pdgk 4106,soal ujian ut bahasa inggris


soal ujian pdgk 4405,soal ujian pdgk 4405 materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut pgsd pdgk 4405,soal ujian ut pgsd,soal ujian ut pendidikan seni di sd,soal uas ut pgsd,soal pdgk4405 materi dan pembelajaran ips sd,soal pdgk 4405,soal ujian ut pgsd semester 6,soal ut matematika pdgk4108,soal ujian ut pgsd semester 10,soal ujian materi dan pembelajaran ips sd ,soal uas ut pgsd semester 9,soal ujian ut pdgk 4208,soal uas ut pgsd semester 1,soal materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut semester 10,soal ujian ut materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut pgsd pdgk 4208,soal ujian ut pdgk 4405,rpp tematik kelas 2 semester 1 berkarakter,soal ujian ut pgsd 2017,contoh soal pdgk4405,soal ut semester 9,contoh soal pdgk 4208

PDGK4302 PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
PDGK4302
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

MODUL 1 : HAKIKAT PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

Kegiatan Belajar 1 : Hakikat pembelajaran kelas rangkap (1.3)
A.    Apakah yang dimaksud dengan pembelajaran kelas rangkapv(1.3)
B.    Mengapa PKR diperlukan? (1.4)
1.    Alasan geografis (1.4)
2.    Alasan demografis (1.5)
3.    Kurang guru (1.5)
4.    Terbatasnya ruang kelas (1.5)
5.    Adanya guru yang tidak hadir (1.6)
6.    Alasan lainnya (1.6)
-       Jeremy d finn & gina m. pannozzo, charles m. achiklles (1.7)
-       Glass & smith dan robinson (1.7)
-       Stasz & stecher (1.7)
-       Barbara & hadges (1.7)
C.   Apa tujuan, fungsi dan manfaat pkr? (1.8)
Tujuan, fungsi dan manfaat pkr dapat kita kaji dari berbagai aspek :
1.    Quantity dan equity (1.8)
2.    Ekonomis (1.8)
3.    Pedagogis (1.9)
4.    Keamanan (1.9)
D.   Prinsip apakah yang mendasari pkr? (1.9)
Pkr mempunyai prinsip khusus sbb :
1.    Keserempakan kegiatan pembelajaran (1.10)
2.    Kadar tinggi waktu keaktifan akademik (wka) (1.10)
3.    Kontak psikologis guru dan murid yang berkelanjutan (1.11)
4.    Dalam PKR, terjadi pemanfaatan sumber secara efesien (1.11)

Kegiatan Belajar 2 : Gambaran pkr yang ideal dan praktik yang terjadi di lapangan (1.17)
A.    Bagaimanakah praktik mengajar kelas rangkap saat ini? (1.17)
B.    Gambaran pkr yang ideal (yang diinginkan) (1.24)
Peranan guru pkr : (1.32)
1.    Sebagai perancang kurikulum (1.32)
2.    Sebagai administrator (1.33)
3.    Sebagai sumber informasi yang kreatif (1.33)
4.    Sebagai seorang profesional (1.33)
5.    Sebagai agen pembawa perubahan (1.34)

MODUL 2 : MODEL PENGELOLAAN DAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

Kegiatan Belajar 1 : Prinsip dan model pengelolaan pkr
-       Rumusan singkat dari ciri-ciri utama pkr sebagai berikut (2.3)
-       Proses pembelajaran yang efektif yang menurut kartweit (1987) ditandai oleh 3 hal sbb (2.3)
-       Berpijak pada 3 prinsip tersebut dapat kita rumuskan 3 pertanyaan mengenai pengelolaan pkr (2.4)
-       Model utama : pkr murni, pkr modifikasi (2.5)
-       Model PKR 221 : pkr murni (2.6)
-       Petunjuk pkr 221 (2.7)
-       Model pkr 222 : pkr modifikasi (2.8)
-       Petunjuk pkr 222 (2.9)
-       Model pkr 333 modifikasi (2.11)
-       Petunjuk pkr 333 (2.13)

Kegiatan Belajar 2 : Prinsip didaktif-metodik dan prosedur dasar pkr
-       Prinsip-prinsip didaktik-metodik dan prosedur dasar pkr dalam kegiatan belajar ini adalah (2.18)
1.    Bagaimana mengawali dan mengakhiri pembelajaran (2.19)
a.    Mengawali pembelajaran (2.19)
Memahami dan menghayati hal-hal pokok yang perlu mendapatkan perhatian anda. (2.20)
1)    Menarik perhatian siswa (2.20)
-       Berbagai cara membuka pelajaran yang dapat dilakukan : (2.21)
2)    Menimbulkan motivasi (2.22)
-       4 cara yang dapat dan seyogianya dilakukan oleh guru pkr :
a)    Kehangatan dan semangat (2.23)
Kehangatan seorang guru terhadap siswanya tercermin dari : (2.22)
Semangat seorang guru dalam menghadapi siswa tercermin dari :
b)    Rasa penasaran dan ingin tahu siswa (2.23)
c)    Ide yang bertentangan (2.23)
d)    Minat siswa (2.23)
3)    Memberi acuan belajar (2.24)
-       4 cara memberikan acuan belajar :
a)    Tujuan dan batas-batas tugas (2.24)
b)    Langkah-langkah yang akan ditempuh (2.25)
c)    Masalah pokok sebagai pusat perhatian (2.26)
d)    Pertanyaan pemicu belajar (2.26)
4)    Membuat kaitan atau jalinan konseptual (2.26)
Membangun kaitan antar materi melalui cara-cara berikut : (2.27)
b.    Mengakhiri pelajaran (2.27)
Dalam rangka menutup pelajaran ada 3 kegiatan pokok yang seyogianya kita lakukan hal-hal berikut :
1)    Meninjau kembali (2.27)
2)    Mengadakan evaluasi penguasaan siswa (2.28)
-       Evaluasi ini dapat dilakukan, antara lain dengan cara, siswa : (2.28)
3)    Memberikan tindak lanjut (2.28)
2.    Bagaimana mendorong belajar aktif dan membiasakan belajar mandiri (2.29)
-       Tahukah anda mengapa perlu digalakkan belajar mendiri? Ada beberapa alasan yang dapat kita simak. (2.29)
-       Keterampilan dasar yang dapat dijadikan latar pembelajaran dalam pkr adalah keterampilan (2.30)
a.    Membimbing diskusi kelompok kecil (2.30)
-       Keterampilan yang perlu dikuasai sebagai guru pkr dan siswa yang ditugasi untuk menjadi atau tutor kakak dalam menata diskusi atau kerja kelompok kecil adalah sebagai berikut : (2.30)
b.    Mengajar kelompok kecil dan perseorangan (2.31)
-       Dalam situasi pengajaran kelompok kecil dan perseorangan ada sejumlah peran guru yang perlu anda hayati (2.31)
c.    Mengadakan variasi (2.32)
-       Untuk dapat memainkan peran-peran guru pkr perlu menguasai ketrampilan sebagai berikut :
1)    Mengadakan pendekatan secara pribadi (2.32)
2)    Menata kegiatan belajar-mengajar (2.33)
Anda sebagai guru perlu memperhatikan dan melakukan hal-hal sebagai berikut : (2.33)
3)    Mengarahkan dan memberi kemudahan belajar. (2.33)
-       Variasi (2.34)
1)    Variasi gaya mengajar (2.34)
Penampilan mengajar guru pada saat berhadapan dengan siswanya diwarnai oleh keterampilan guru dalam melakukan hal-hal sebagai berikut : (2.34)
2)    Variasi media dan sumber (2.35)
3)    Variasi pola interaksi dan kegiatan (2.35)
a)    Pola interaksi perseorangan (Pola INPRES) (2.36)
b)    Pola interaksi pasangan (pola inpas) (2.37)
c)    Pola interaksi kelompok kecil (Pola inkk) (2.37)
d)    Pola interaksi kelompok besar atau kelas tunggal (pola inkb) (2.37)
e)    Pola interaksi klasikal atau kelas banyak (pola inklas)
Dilihat dari kegiatannya, terdapat beberapa jenis yang dapat digunakan di kelas anda, antara lain berikut ini. Membaca, bercerita, menggunakan lembar kerja, berdialog/berdiskusi, mengadakan percobaan, mendengarkan kaset/radio, bernyanyi, mengamati lingkungan (2.39)
3.    Bagaimana mengelola kelas pkr dengan baik (2.40)
·         Waktu belajar efektif, seperti dirumuskan oleh karweit adalah sbb : (2.40)
·         Keterampilan mengelola kelas mencakup kemampuan guru untuk : (2.41)
a.    Menciptakan dan memelihara situasi kelas yang optimal (2.41)
-       Untuk dapat menciptakan situasi tersebut guru seyogianya terampil dalam hal-hal sebagai berikut : (2.41)
b.    Mengendalikan kondisi belajar yang optimal (2.42)
-       Mengubah prilaku menyimpang dapat anda lakukan dengan cara : (2.42)

Kegiatan Belajar 3 : Aneka model interaksi kelas rangkap dalam pkr (2.48)
Format atau model pembelajaran pkr antara lain sebagai berikut (2.48)
1.    Proses belajar arahan sendiri (pbas) (2.49)
a.    Langkah-langkah (2.49)
b.    Saran penggunaan (2.49)
-       Model pbas ini di adaptasi dari model thomas, strage dan curley tahun 1988 dalam miller tahun 1991 (2.49)
2.    Proses belajar melalui kerjasama (pbmks) (2.50)
a.    Olah-pikir sejoli (ops) (2.50)
1)    Langkah-langkah (2.50)
2)    Saran penggunaan (2.50)
Model ops diadaptasi dari model “think pair share” dari kagan tahun 1990 (2.50)
b.    Olah pikir berebut (opb) (2.51)
1)    Langkah-langkah  (2.51)
2)    Saran penggunaan (2.51)
Model opb ini diadaptasi dar model roundrobin dari kagan tahun 1990. (2.51)
c.    Konsultasi intra kelompok (kik) (2.51)
1)    Langkah-langkah (2.51)
2)    Saaran penggunaan (2.52)
Model kik ini diadaptasi dari model team-mate consult dari kagan tahun 1990.
d.    Tutorial teman sebaya (tts)
1)    Langkah-langkah
2)    Saran penggunaan
Miller tahun 1991 memberikan beberapa saran untuk keberhasilannya program tutorial sebagai berikut : (2.52)
e.     Tutorial lintas kelas (tlk) (2.53)
1)    Langkah-langkah (2.53)
2)    Saran penggunaan (2.53)
Semua saran miller tahun 1991 untuk model tts berlaku untuk model ini.
f.     Diskusi meja bundar (dmb) (2.53)
1)    Langkah-langkah (2.53)
2)    Saran penggunaan (2.54)
Model dmb ini di adaptasi dari model roundtable dari kagan tahun 1990.
g.    Tugas-diskusi-resitasi (tdr) (2.54)
1)    Langkah-langkah (2.54)
2)    Saran penggunaan (2.54)
h.    Aktivitas tugas tertutup (attu) dan aktivitas tugas terbuka (atta) (2.54)
1)    Langkah-langkah (2.54)
Saran penggunaan (2.55)
Bagaimana memelihara suasana belajar? (2.55)
·         Yang dimaksud dengan keserbagandaan disini adalah (2.55)
·         Menghadapi serbaneka anda sebagai guru dituntut untuk dapat : (2.55)

MODUL 3 : PENGORGANISASIAN KELAS

Kegiatan Belajar 1 : Penataan ruang kelas (3.5)
A.    Penataan ruang (3.5)
1.    Penataan fisik kelas (3.5)
a.    Daerah pajangan (3.5)
b.    Kemudahan bergerak (3.5)
c.    Sinar (3.5)
d.    Panas dan ventilasi (3.5)
e.    Papan tulis (3.6)
f.     Bangku dan kursi (3.6)
g.    Meja guru (3.6)
h.    Sudut aktivitas (3.6)
2.    Pengaturan denah ruang kelas (3.9)
-       Pengaturan denah ini kurang sesuai karena beberapa hal berikut (3.9)
-       Ada beberapa pertmbangan yang perlu diperhitungkan sebelum anda memutuskan denah kelas yang akan diciptakan (3.17)
-       Contoh 6 bentuk variasi bkb (3.17)
3.    Mengatur pajangan (3.18)
-       Saran-saran yang dapat anda pertimbangkan untuk mengatur pajangan : (3.18)
-       Beberapa contoh pajangan adalah seperti berikut : (3.19)

Kegiatan belajar 2 : pengorganisasian murid (3.25)
A.    Kelompok belajar  (3.25)
1.    Bagaimana cara membentuk kelompok belajar? (3.26)
a.    Kelompok belajar berdasarkan persamaan kemampuan (3.26)
Keuntungan (3.26)
b.    Kelompok belajar berdasarkan kemampuan yang berbeda (3.27)
c.    Pengelompokan sosial (3.28)
2.    Bagaimana merencanakan kegiatan kelompok belajar (3.29)
-       Lima aspek dalam perencanaan kelompok belajar yang perlu diperhatikan : (3.29)
a.    Menentukan bagaimana cara murid bekerjasama (3.29)
b.    Menentukan program pelatihan bagi pengembangan keterampilan bekerjasama (3.29)
c.    Memberika tugas yang dapat dihasilakan oleh kelompok (3.29)
1)    Tugas yang memungkinkan bagi anda (3.29)
2)    Tugas yang diberikan tidak akan berjalan dengan baik apabila (3.30)
d.    Meletakkan dasar-dasar kerja secara teliti (3.30)
e.    Memutuskan bagaimana belajar bersama akan dievaluasi (3.30)
3.    Bagaimana cara meningkatkan keterampilan belajar kelompok? (3.31)
-       Belajar kelompok ini berusaha agar murid (3.32)
-       Morris memberikan ilustrasi tentang jenis ketrampilan yang diperlukan sebagai panduan agar semua murid akan berpartisipasi. Oleh karena itu murid harus diberikan penjelasan seperti berikut : (3.32)
B.    Bagaimana memaksimalkan pemanfaatan sumber belajar yang ada agar para murid dengan belajar mandiri (3.32) LKM
1.    Bagaimana memanfaatkan pusat sumber belajar? (3.36)
-       Contoh dalam memanfaatkan psb adalah (3.37)
-       Contoh kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dengan menggunakan lkm, antara lain (3.37)
2.    Tutor sebagai organisator kelas (3.39)
-       Dalam pembelajaran bergilir seperti ini ada beberapa kelemahan antara lain : (3.39)
a.    Efesien waktu sangat rendah (3.39)
b.    Materi yang diberikan sangat sedikit (3.40)
-       Sebelum program tutorial, ada 5 hal yang perlu anda perhatikan : (3.42)
a.    Menetapkan tujuan yang ingin dicapai (3.42)
b.    Menetapkan siapa yang akan ikut dalam tutorial (3.43)
c.    Menetapkan tempat dimana tutorial dilaksanakan (3.44)
d.    Penjadwalan tutorial (3.44)
e.    Menentukan materi mana yang diberikan dalam tutorial. (3.45)
Ada 2 arahan yang dapat dipilih : (3.45)
3.    Bagaimana cara memilih dan mempersiapkan tutor? (3.45)
a.    Tutor sebaya (3.45)
Sulit menggunakan tutor sebaya karena (3.45)
Cara melatih murid yang akan dijadikan tutor (3.47)
1)    Tutor dalam kelompok (3.47)
2)    Memanfaatkan tutor untuk membantu individual (3.48)
3)    Memanfaatkan tutor secara berpasangan (3.48)
b.    Tutor kakak (3.48)
Penggunaan tutor kakak dapat dilakukan dengan dua cara yaitu : (3.49)
c.    Tutor dari masyarakat (3.51)
d.    Penjaga sekolah sebagai tutor (3.51)
Kondisi dimana guru dapat memanfaatkan penjaga sekolah menjadi tutor : (3.52)
-       Beberapa aspek yang anda perhatikan dalam memilih dan memanfaatkan tutor terutama bagi tutor sebaya dan tutor kakak, sbb (3.52)
-       Keuntungan digunakannya tutor (3.53)
-       Bagi tutor kakak atau tutor sebaya, imbalan dapat dikaitkan dengan cara yang bersifat mendidik dan mendorong mereka untuk belajar antara lai : (3.53)

Kegiatan Belajar 3 : Disiplin kelas (3.59)
A.    Apa yang dimaksud dengan ARK (aturan rutin kelas)? (3.59)
·         Pengertian ark (3.59)
1.    Ark bagaimana yang harus anda persiapkan bagi anda sendiri? (3.60)
Berikut ini adalah contoh ark bagi anda sendiri.
a.    Papan tulis (3.61)
b.    Alat tulis (3.61)
c.    Sumber bahan (3.61)
d.    Tutor (3.61)
-       Ark yang efektif (3.61)
-       Contoh ark yang dapat memotifasi murid anda. (3.62)
-       Masih berkaitan dengan ark bagi murid, guru juga harus dapat mencipakan kebiasaan seperti berikut : (3.63)
2.    Apa yang dimaksud dengan “kegiatan siap” atau stand-by activities? (3.63)
-       Berikut ini adalah beberapa contoh ks, antara lain (3.64)
a.    Pembelajaran secara klasikal (3.65)
# pembelajaran klasikal dalam pkr dapat digunakan antara lain berikut ini : (3.66)
b.    Pembelajaran individual (3.66)
c.    Pembelajaran dalam kelompok (3.66)
Berikut ini cara-cara pembelajaran kelompok dalam kb : (3.67)
1)    Kelompok belajar campuran (3.67)
2)    Kelompok sama kemampuan (3.69)
# kegiatan percakapan menarik bagi murid, tanpa disadari mereka sebenarnya memperoleh keuntungan paling sedikit 4 hal, yaitu meningkatkan : (3.70)
3)    Kelompok sosial (3.70)

MODUL 4 : LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Kegiatan Belajar 1 : Sekolah dan rekan sejawat guru sebagai sumber (4.3)
A.    Kerja sama (4.3)
·         Kerjasama diarahkan kepada (4.4)
B.    Membangun iklim kerjasama (4.5)
Yang dapat digunakan untuk membangun kerjasama dengan pihak lain yang terkait :
1.    Mengumpulkan data statistik dan sumber informasi (4.5)
2.    Melakukan negosiasi (perundingan) (4.5)
3.    Memberikan peranan nyata (4.6)
4.    Melaporkan keadaan sekolah (4.6)
5.    Memberikan tanda penghargaan (4.6)
C.   Melakukan kerjasama dengan sekolah dan rekan sejawat guru (4.6)
1.    Cara memanfaatkan rekan sejawat guru dari satu sekolah sebagai sumber belajar (4.8)
2.    Memilih alternatif yang paling tepat dengan mempertimbangkan kebutuhan, waktu, jadwal dan bahan yang tersedia. (4.9)
3.    Cara memanfaatkan rekan sejawat guru dari sekolah lain (4.10)
4.    Cara memanfaatkan teman guru dalam KKG (4.13).

Kegiatan Belajar 2 : sekolah dan lingkungan sebagai sumber belajar (4.18)
A.    Menciptakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar (4.19)
·         Ada 2 cara untuk meningkatkan usaha yang sudah dirintis oleh sekolah seperti pada kasus-kasus diatas, yaitu berikut ini : (4.22)
B.    Melengkapi sekolah dengan sumber belajar (4.22)
Mari kita manfaatkan mereka untuk kepentingan mereka sendiri (4.22)
C.   Cara mengembangkan program kebun, kolam dan peternakan sekolah (4.24)
D.   Mengembangkan pusat sumber belajar (psb) (4.24)
*) Psb harus dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dan sumber belajar, seperti berikut (4.24)

Kegiatan Belajar 3 : Lingkungan sebagai sumber belajar
A.    Memanfaatkan pusat sumber belajar (4.32)
·         Contoh dalam manfaat psb, lkm diarahkan untuk kegiatan berikut. (4.33)
1.    Mengembangkan keterampilan atau konsep :
a.    Kecermatan (4.33)
b.    Penerapan konsep (4.33)
·         Lkm merupakan alat yang paling efektif untuk memaksimalkan penggunaan psb (4.33)
·         Berikut ini beberapa contoh kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dengan menggunakan lkm, antara lain : (4.33)
B.    Lingkungan sekitar sebagai sumber belajar (4.34)
·         Manfaat yang diperoleh dalam menggunakan lingkungan sebagai sumber adalah : (4.35)
·         Sebagai pedoman dalam menggunakan laboratorium raksasa ini, perlu dilakukan langkah-langkah : (4.35)
1.    Cara mengidentifikasi lingkungan sebagai sumber belajar (4.35)
-       Beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan dalam menentukan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar adalah berikut ini : (4.37)
2.    Memanfaatkan sumber tersebut untuk kepentingan belajar murid-murid (4.37)
-       Pilihlah topik dan mata pelajaran dengan petunjuk seperti sbb (4.38)
-       Dalam melaksanakan pemanfaatan sumber-sumber lingkungan, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan, yaitu berikut ini (4.39)
-       Mempersiapkan kunjungan kesumber belajar tersebut , yaitu : (4.39)
-       Lingkungan sebagai sumber belajar (4.39)
-       Untuk bisa menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar, anda dapat berpedoman pada kata-kata kunci-kunci berikut ini : topik pelajaran, perlengkapan dan peralatan, jadwal, kelompok belajar … (4.42)
3.    Masyarakat sebagai sumber (4.42)
-       Bagaimana caranya memanfaatkan narasumber. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah berikut ini : (4.43)

MODUL 5 : PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (RPKR)

Kegiatan Belajar 1 : Analisis struktur kurikulum SD dan prosedur dasar pengembangan pembelajaran kelas rangkap.
*) Kurikulum dan undang-undang (5.3)
A.    Karakteristik kurikulum tingkat satuan pendidikan (5.4)
1.    Kelompok mata pelajaran (5.4)
Peraturan pemerintah Nomor 19 tahun 2005, standart nasional pendidikan, permendiknas (5.4)
1.    Kelompok mata pelajaran (5.4)
-       Merujuk pada peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standart nasional pendidikan pasal 6 ayat 1 kurikulum untuk jenis pendidikan umum kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah berlaku kelompok mata pelajaran sebagai berikut : (5.4) (cakupan )
2.    Prinsip pengembangan kurikulum (5.6)
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut :
a.    Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. (prinsip pertama) (5.7)
b.    Beragam dan terpadu (prinsip kedua) (5.7)
c.    Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (prinsip ketiga) (5.7)
d.    Relavan dengan kebutuhan kehidupan (5.8)
e.    Menyeluruh dan berkesinambungan (5.8)
f.     Belajar sepanjang hayat (5.8)
g.    Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah (5.8)
3.    Prinsip pelaksanaan kurikulum (5.9)
-       Kelima pilar belajar yaitu : (5.9)
2.    Struktur kurikulum SD/MI (5.10)
-       Struktur kurikulum SD/MI disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran yang berpedoman pada ketentuan sebagai berikut : (5.11)
B.    Prosedur dasar pengembangan kerangka rencana pembelajaran (5.13)
-       Istilah pembelajaran merupakan terjemahan dari instructional (intruction) intruksional (5.13)
-       Proses pengembangan pembelajaran secara konseptual terkait erat pada usur-unsur dasar kurikulum yakni tujuan, … (5.14)
-       Merumuskan indikator merumuskan pengalaman belajar dan proses pembelajaran (5.15)

Kegiatan Belajar 2 : Perumusan indikator, penataan pegalaman belajar dan kegiatan pembelajaran kelas rangkap (5.22)
*) Dalam perancanaan kelas rangkap tercakup serangkaian kegiatan sebagai berikut : (5.22)
A.    Pengemasan pengalaman belajar dalam rangka pkr (5.23)
-       Secara teoritis ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam menetapkan topik pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran kelas rangkap : beriorentasi kepada tujuan, disesuaikan dengan karakeristik murid disesuaikan dengan kemampuan pengelolaan guru, layak sarana pendukung, tidak bersifat dipaksakan (5.34)
-       Sehubung dengan cara merencanakan pengalaman belajar ada dua model kerangka (Fogarty dan Griswold) (5.35)
-       Pengitegrasian ide dan prosedur pkr dengan ide dan prosedur pembelajaran multi aras (pma) atau multi level teaching.
-       Clustering atau pengklasteran atau penggugusan (5.36)
-       Perumusan tujuan pembelajaran konsep penggugusan tujuan atas dasar konsep bloom taxonomy disempurnakan oleh anderson (5.39)
-       Bruce joyce dan marsha weil, intrctional effect, hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) (5.39)
-       Aras yang progresif, ranah (5.40)
B.    Cara memilih subtansi belajar (5.42)
-       Untuk dapat melakukan pemilihan materi yang memadai perlu memperhatikan syarat-syarat sebagai berikut : (5.42)
C.   Cara menyusun rancangan kegiatan belajar (5.44)
-       Bruce joyce dan marsha weil meyebutkan rancangan ini dengan istilah model, empat kelompok besar model pembelajaran (5.44)
-       Model dasar pembelajaran yang mengaitkan seluruh model yakni model weil murphy dan mcgreal tahun 1986. Memiliki lima langkah sbb : (5.44)
1.    Orientasi atau pendahuluan (5.44)
2.    Pengembangan (5.45)
3.    Latihan terstruktur (5.45)
4.    Latihan terbimbing (5.45)
5.    Latihan bebas atau mandiri (5.45)
-       Ada dua gugus model pembelajaran merangkap kelas, yakni proses belajar arahan sendiri (pbas) dan proses belajar melalui kerjasama (pbmks). (5.45)
D.   Cara memilih sumber dan media belajar (5.45)

Kegiatan Belajar 3 : evaluasi program pembelajaran kelas rangkap (5.50)
A.    Cara penilaian terhadap pelaksanaan pkr (5.50)
1.    Mengecek keterlaksanaan jadwal (5.51)
2.    Mengecek keterlaksanaan pembelajaran dikelas-kelas yang dirangkap (5.51)
3.    Mencatat materi pelajaran yang tidak sempat diajarkan (5.51)
4.    Mencatat kegiatan yang tertunda (5.51)
5.    Mencatat tugas-tugas yang harus diberikan kepada murid hari minggu berikutnya (5.52)
6.    Mencatat pertanyaan murid yang belum sempat terjawab (5.52)
7.    Mencatat murid-murid yang belum banyak terlibat secara aktif dalam belajar (5.52)
8.    Menuliskan hal-hal yang perlu anda perbaiki dalam pkr (5.53)
9.    Mencatat hal-hal yang memuaskan dan mengecewakan anda sebagai guru dalam pkr (5.53)
10.  Mengapa harus mencatat hal-hal yang perlu dibicarakan dengan guru lain? (5.53)
B.    Bagaimana memanfaatkan hasil penilaian proses belajar murid dalam memperbaiki pkr (5.54)

Petunjuk pelaksanaan praktik mata kuliah pkr (5.58)
A.    Penyusunan rancangan pembelajaran kelas rangkap (5.58)
1.    Menetapkan model pkr  (5.58)
-       Model pkr 222 apabila jumlah siswa banyak (diatas 35 orang). (5.58)
2.    Menyusun rancangan pkr untuk kegiatan praktik dan simulasi (5.59)
B.    Pelaksanaan praktek dan simulasi pembelajaran kelas rangkap (5.64)
-       Rambu-rambu pelaksanaan praktek pkr dikelas (5.64)
-       Rambu-rambu pelaksanaan praktek pkr dikelas tutorial (5.65)
C.   Alat penilaian pelaksanaan praktek dan simulasi pembelajaran kelas rangkap (5.66)

MODUL 6 : KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERSEORANGAN DALAM PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (PKR)

Kegiatan Belajar 1 : hakikat keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan (6.3)
A.    Pengertian (6.3)
-       Pengajaran kelompok kecil dan perseorangan ditandai oleh hal-hal berikut : (6.4)
B.    Rasional (6.5)
-       Alasan-alasan rasional : (6.5)
-       Alasan lain pentingnya kemampuan mengajar kelompok kecil dan perseorangan bagi guru pkr adalah hakikat atau prinsip pkr yaitu : (6.7)
C.   Variasi pengorganisasian (6.7)
D.   Hal-hal yang perlu diperhatikan (6.9)
-       Rambu-rambu belajar kelompok kecil dan perseorangan (6.9)

Kegiatan Belajar 2 : Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan (6.15)
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan peseorangan dibagi menjadi 4 komponen (6.15)
A.    Keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi (6.16)
Kemampuan menumbuhkan dan memelihara hubungan yang akrab dan sehat tersebut dapat ditunjukkan dengan prilaku berikut : (6.16)
-       Menunjukkan kepekaan dan kehangatan
-       Mendengar secara simpatik ide-ide
-       Memberikan respon positif
-       Membangun hubungan saling mempercayai
-       Menunjukkan kesiapan untuk membatu siswa
-       Menerima perasaan siswa dengan penuh keterbukaan dan pengertian
-       Berusahalah mengendalikan situasi
B.    Keterampilan mengorganisasikan kegiatan (6.18)
Untuk menguasai keterampilan mengorganisasikan kegiatan, guru perlu menguasai keterampilan berikut : (6.18)
-       Memberi orientasi umum
-       Memvariasikan kegiatan
-       Membentuk kelompok yang tepat
-       Mengkoordinasikan kegiatan
-       Membagi-bagi perhatian dan tugas dan kebutuhan siswa
-       Mengakhiri kegiatan dengan suatu kulminasi
C.   Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar (6.19)
Dapat dilakukan jika menguasai keterampilan berikut : (6.19)
1.    Memberikan penguatan secara tepat
2.    Melakukan supervisi proses awal
3.    Melakukan supervisi proses lanjut
4.    Mengadakan supervisi pemaduan
D.   Keterampilan merencanakan dan melasanakan kegiatan pembelajaran (6.21)
Kemampuan merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran mencakup : (6.22)
-       Membantu siswa menetapkan tujuan belajar
-       Merencanakan kegiatan pembelajaran
-       Bertindak atau berperan sebagai penasihat bagi siswa
-       Membantu siswa menilai pencapaian dan kemajuannya

Kegiatan Belajar 3 : Penerapan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan dalam pembelajaran kelas rangkap (6.32)
A.    Contoh penerapan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan dalam pkr (6.33)
B.    Mengidentifikasi kemunculan kemponen-komponen keterampilan mengajar kelompok kecik dan perseorangan (6.35)
1.    Keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi
2.    Keterampilan mengorganisasikan kegiatan
3.    Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar
4.    Keterampilan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran
C.   Analisis kekuatan dan kelemahan contoh pkr (6.38)
Untuk melakukan analisis, aspek yang yang kita jadikan pegangan adalah prinsip-prinsip pkr :
1.    Keserempakan berlangsungnya pembelajaran
2.    Kadar tinggi waktu keaktifan akademik (wka)
3.    Kontak psikologis guru-murid secara berkelanjutan

4.    Pemanfaatan sumber secara efesien

soal uas ut semester 10,pdgk 4405,pdgk4304 bahasa inggris untuk guru sd,soal ujian ut pdgk 4502,soal ut pgsd,soal ujian ut semester 8,soal ut semester 10,soal ujian ut semester 6,soal pdgk 4405 materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut pendidikan ips di sd 2017,soal ujian ut pgsd semester 9,soal uas ut pgsd semester 10 ,contoh soal ut pgsd,soal ujian matematika ut pgsd,soal uas ut pgsd semester 8,pdgk4405,soal uas ut semester 8 ,soal uas pendidikan seni di sd,soal uas perspektif pendidikan sd ut,soal ujian ut mkdk4001 pengantar pendidikan,soal ut semester 7,soal ujian ut matematika pdgk 4108,soal ujian ut pgsd semester 8,download soal ujian ut pgsd,soal uas pdgk 4405


contoh soal ujian ut pgsd,download soal uas ut pgsd,mkdk4001,silabus paket a setara sd,silabus ktsp sd kelas 2 semester 2,pdgk4104,site:.blogspot.com,kumpulan soal uas ut pgsd,soal pendidikan jasmani dan olahraga ut,soal ut pgsd semester 10,soal ut semester 8,download soal uas ut,soal ujian idik 4010,contoh rpp ktsp sd pdf,perspektif pendidikan sd,soal ujian ut semester 7,soal keterampilan menulis ut semester 6,soal matematika kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban,soal ujian ut non pendas 2015,soal ujian universitas terbuka download,soal ujian ut pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sd,soal ujian ut,soal uas ut semester 6,contoh soal pdgk 4405,soal ujian perspektif pendidikan sd,latihan soal uas ut pgsd,rangkuman pdgk4106 pendidikan ips di sd,soal ujian ut pgsd idik4007,download soal ujian ut,soal uas matematika ut pgsd,download rpp ktsp sd,soal ujian ut semester 4,soal ujian keterampilan menulis ut,mkdk4001 pengantar pendidikan,rpp tematik kelas 2 semester 2 terbaru,soal ujian ut matematika,bahasa inggris untuk guru sd pdgk 4304,rangkuman pdgk 4304,soal ujian ut semester 9,soal ujian ut pdgk 4406,soal ujian ut pgsd semester 1,persamaan kuadrat,soal ut pgsd semester 6,soal ut semester 6,pdgk 4302,soal ujian matematika ut,rpp kelas 3 sd ktsp 2006 doc,soal pdgk 4108,rangkuman pdgk4108,soal ujian ut pembelajaran pkn di sd

Soal PDGK4302 PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

  

PDGK4302



LATIHAN SOAL UAS S1 PGSD UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
PDGK4302 PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

1. Pembelajaran kelas rangkap adalah bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam …

A. satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda
B. satu ruang kelas dengan kemampuan yang sama
C. satu kelas dalam satu ruangan
D. tiga kelas dalam dua ruangan

2. Alasan yang mendasar diselenggarakannya pembelajaran kelas rangkap dari segi geografis adalah....

A. Jumlah guru berlebih
B. Jumlah penduduk yang padat.
C. pemukiman yang berpindah- pindah.
D. kehadiran guru yan kontinyu.

3. Pemanfaatan ruang yang terbatas dengan beberapa guru. Hal ini merupakan PKR dari segi....

A. pedagogis.
B. kuantiti.
C. ekonomi.
D. keamanan.

4. Salah satu prinsip khusus pembelajaran kelas rangkap yang menuntut muridnya mempunyai kemampuan berpikir dan mandiri adalah....

A. keserempakan kegiatan pembelajaran.
B. kadar tinggi waktu keaktifan akademik
C. kontak psikologis guru dan murid.
D. pemanfaatan sumber secara efisien.

5. Bu Citra yang sedang mengajar kelas 3 dan kelas 4, menyuruh Santi murid kelas 4 yang mempunyai kemampuan lebih tinggi dibanding temam- temannya untuk membantu teman lainnya mengerjakan tugas. Tindakan yang dilakukan Santi tersebut mencerminkan salah satu prinsip PKR yaitu....

A. kontak psikologis.
B. keserempakan kegiatan belajar.
C. waktu keaktifan akademik.
D. pemanfaatan sumber secara efisien.


6. Bu Denta mengajar murid kelas 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan dua kelompok murid yang berbeda kemampuannya dalam satu ruangan. Satu kelompok murid sudah dapat membaca sedangkan kelompok yang lain belum bisa membaca dengan lancar. Dari ilustrasi di atas yang perlu diperhatikan guru sesuai dengan prinsip PKR yang ideal adalah....

A. guru dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya.
B. mengisi waktu kosong.
C. guru mendorong dan meningkatkan keikutsertaan seluruh siswa dalam belajar.
D. terbatasnya dana yang dikeluarkan.

7. Ciri- ciri model PKR 221 adalah....

A. dua kelas, dua mata pelajaran, satu ruangan.
B. dua kelas, dua mata pelajaran, satu kelompok.
C. dua kelompok, dua mata pelajaran, satu kelas.
D. dua kelas, dua kemampuan, satu mata pelajaran.

8. Komponen membuka pelajaran untuk menarik perhatian siswa dengan menggunakan model PKR 321 adalah sebagai berikut, kecuali....

A. memberikan aba- aba perhatian dan ucapan salam pembuka.
B. memperlihatkan benda / gambar yang berhubungan dengan materi pelajaran.
C. membunyikan peluit.
D. memberikan PR

9. Berikut merupakan contoh kegiatan menarik perhatian siswa dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan....

A. memperlihatkan gambar menarik.
B. memberikan tugas perseorangan.
C. memperhatikan minat siswa.
D. mengemukakan ide.

10. Berikut merupakan contoh PKR 321, di mana kelas 4 dan kelas 5 akan mempelajari IPS dengan topik kekayaan alam. Setelah selesai pelajaran, kelas 4 diharapkan dapat mengidentifikasi sumber daya alam, dan kelas 5 dapat memberi contoh pemanfaata sumber daya alam, sedangkan kelas 6 akan mempelajari PPKn. Dengan harapan selesai belajar siswa kelas 6 dapat memecahkan kasus pencemaran lingkungan dari sudut hukum. Dari pernyataan di atas kegiatan tersebut mengacu pada cara guru....

A. menarik perhatian siswa.
B. mengemukakan tujuan dan batas- batas tugas.
C. menimbulkan motivasi.
D. mengaitkan konseptual.

11. Bu Sinta menunjukkan muka yang manis serta penuh semangat dalam menjelaskan materi pelajaran. Tindakan guru tersebut mempunyai tujuan untuk....

A. pengait masalah.
B. membuat rangkuman.
C. menumbuhkan motivasi belajar anak.
D. mengevaluasi proses belajar anak.

12. Yang termasuk kegiatan menutup pelajaran dalam proses belajar mengajar adalah....

A. meninjau kembali.
B. menyampaikan pertanyaan apersepsi.
C. merangkum materi pelajaran.
D. mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas.

13. Berikut ini merupakan salah satu kegiatan guru untuk mengetahui penguasaan materi dalam proses pembelajaran adalah....

A. mengemukakan tujuan dan batas- batas tugas.
B. mendemonstrasikan keterampilan.
C. memusatkan perhatian.
D. pertanyaan pemicu belajar.

14. Berikut merupakan identifikasi keterampilan dasar mengajar untuk mendorong siswa belajar aktif, yaitu....

A. proses memperoleh pengetahuan, nilai dan sikap, keterampilan, dan kebiasaan belajar melalui pemanfaatan rangsangan dari luar siswa.
B. meningkatkan kesempatan siswa untuk mengeluarkan pendapat.
C. memeratakan kesempatan siswa berbicara.
D. memacu proses berpikir siswa dengan cara mengajukan pertanyaan.

15. Berikut merupakan contoh perilaku guru dalam mengelola kelas PKR adalah sebagai berikut, kecuali

A. mengadakan pendekatan secara pribadi.
B. menata kegiatan belajar mengajar.
C. mengarahkan dan memberi kemudahan belajar.
D. pemberi kemudahan belajar sesuai kebutuhan siswa.

16. Siswa dapat mengembangkan kemampuan dan kebiasaan untuk saling berbagi ide dan membuat kesepakatan bersama mengenai sesuatu hal, serta menuangkan hasil kesepakatan dengan bahasa sendiri. TIK di atas sesuai dengan model....

A. olah pikir sejoli (OPS).
B. Olah pikir berebut (OPB).
C. konsultasi intra kelompok (KIK).
D. tutorial teman sebaya (TTS)

17. Penentuan pemajangan hasil karya siswa merupakan penataan fisik kelas dari aspek....

A. panas dan ventilasi
B. sinar.
C. kemudahan bergerak.
D. daerah pemajangan.

18. Pengaturan ruang PKR perlu memperhatikan hal- hal sebagai berikut....

A. kemudahan bergerak anak.
B. pengaturan sinar.
C. tidak diperlukan sudut aktifitas.
D. posisi meja guru.

19. Cakupan penataan ruang kelas yang baik meliputu hal- hal sebagai berikut....

A. perpustakaan.
B. sudut seni dan kerajinan tangan.
C. sudut bermain peran.
D. lapangan.

20. Salah satu identifikasi denah ruang kelas yang sesuai dengan model PKR adalah....

A. semua sumber belajar ada di dalam satu ruangan.
B. membatasi gerak siswa.

C. fokus pada satu kelas
D. sulit melakukan benerapa bentuk kegiatan yang bervariasi.


soal uas ut pdgk 4407,rangkuman pdgk 4505,soal ujian ut 2015,soal uas ut pembelajaran pkn di sd,soal ujian ut pdgk 4407,soal ut semester 2,soal dan jawaban matematika pdgk4108,contoh soal ut,soal ujian pgsd ut,soal uas semester,soal ujian ut pdgk4101,kisi - kisi soal ut,rangkuman modul pdgk 4304,contoh soal strategi pembelajaran di sd ut,soal ujian pdgk 4407,download rpp ipa kelas 3 sd ktsp,soal uas ut teknik penulisan karya ilmiah,soal ujian ut non pendas 2017,silabus prakarya kelas 9 kurikulum 2013,soal pdgk 4205,soal pendidikan seni di sd,pdgk4304,minak jinggo,soal uas ut strategi pembelajaran di sd,mata kuliah s1 pgsd ut semester 9,soal ujian ut semester 5,soal materi dan pembelajaran ipa sd pdgk 4503,soal ujian ut 2017,soal pgsd,soal ujian pdgk4101,soal pdgk 4504,soal soal ujian ut,soal ujian pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sd,soal ujian ut semester 2,soal ujian ut pdgk 4101,soal uas ut komputer dan media pembelajaran,pdgk 4407,soal ut pdgk 4108,silabus paket b setara smp,soal matematika ut pdgk4108,soal ujian ut pgsd idik4010,download kurikulum ktsp sd lengkap,soal uas pgsd ut,soal uas ut pendidikan ips di sd,karya ilmiah ut semester 8,soal perspektif pendidikan sd,soal ujian ut pdgk 4205,soal uas ut,soal ut pendidikan seni di sd,contoh rpp ktsp 2006 pdf

21.


Papan tulis                                          Papan tulis
guru 
    
Kelas 3 bhs                                          Kelas 4 IPA

Dari gambar tersebut guru kelas menerapkan kelas model....

A. 2. 2. 1
B. 2. 2. 2
C. 3. 2. 1
D. 3. 3. 3

22. Pembentukan kelompok belajar yang didasarkan pada murid yang berkemampuan cepat, berkemampuan sedang, dan berkemampuan lambat. Pernyataan tersebut tergolong kelompok belajar berdasarkan....

A. persamaan kemampuan.
B. kemampuan berbeda.
C. kelompok sosial.
D. persamaan hak.

23. Pada saat merencanakan kegiatan kelompok belajar secara teliti dapat dilakukan dengan....

A. diadakan pengamatan selama belajar.
B. membuat pengaturan kelompok belajar.
C. menggunakan ragam media.
D. penggunaan keterampilan.

24. Bu Denti mengajar merangkap kelas 4 dan kelas 5. Karena banyak anak yang perlu diperhatikan, maka guru tersebut memerlukan bantuan siswa kelas 5 yang pandai, untuk membantu siswa kelas 4. Dari kegiatan di atas siswa kelas 5 merupakan tutor....

A. sebaya.
B. kakak.
C. berpasangan.
D. kelompok.

25. Dalam proses pembelajaran Bu Ani mengajar kelas 3 dan kelas 4, masing- masing kelompok sudah mengerjakan sesuai dengan tugas yang diberikan. Untuk menganti sipasi anak yang akan menyelesaikan tugasnya lebih awal, guru tersebut menyiapkan pekerjaan yang akan diberikan kepada siswa, agar tidak mengganggu siswa lain. Dari kegiatan di atas, langkah yang diambil guru tersebut merupakan....

A. kegiatan siap.
B. aturan ruti kelas.
C. mengerjakan tugas sesuai perintah.
D. pemanfatan tutor.

26. Memeriksa persediaan kapur tulis, penggaris, dan penghapus sebelum pembelajaran dimulai merupakan....

A. kegiatan siap
B. aturan rutin kelas.
C. proses belajar.
D. proses evaluasi.

27. Dalam proses pembelajaran, tiba- tiba ada seorang siswa yang membuat keributan dengan memukul- mukul meja sehingga mengganggu siswa lainnya yang sedang belajar. Dari ilustrasi di atas yang harus dilakukan guru adalah....

A. memberi hukuman.
B. mendiamkan saja.
C. diberi hadiah.
D. diberikan bantuan belajar.

28. Sekolah dalam melaksanakan kegiatannya mengatur langkah- langkah agar mendapatkan dukungan untuk membangun kerja sama dengan pihak lain disebut....

A. mengumpulkan data
B. melakukan negosiasi.
C. melaporkan keadaan sekolah.
D. memberikan penghargaan.

29. Memanfaatkan sesama guru dari satu sekolah sebagai sumber belajar dalam PKR dapat dilakukan dengan cara....

A. merangkap beberapa kelas.
B. membagi kelas menjadi dua bagian.
C. mengundang sebagai nara sumber.
D. menjanjikan honor lebih.

30. Bu Siska mengajar siswa kelas 4, karena Pak Hari tidak bisa hadir, maka Bu Siska merangkap mengajar kelas 5 hingga Bu Siska perlu mengumpulkan kedua kelas tersebut menjadi satu ruangan. Bu Siska pada waktu menjelaskan kurang menguasai materi yang diajarkan. Dari kasus diatas yang dapat dilakukan guru tersebut adalah....

A. mendiskusikan dengan guru lain yang lebih tahu.
B. mendatangkan guru bidang studi lain.
C. tidak perlu membahas materi tersebut.
D. mempelajari bidang studi yang lain.

31. Contoh belajar mandiri yang disesuaikan dengan kondisi sekoplah didaerah pantai adalah....

A. budidaya laut.
B. bercocok tanam.
C. berkebun.
D. memanfaatkan hasil hutan.

32. Perlengkapan dan sumber belajar yang dapat digunakan untuk mengembangkan pusat sumber belajar adalah....

A. guru yang tidak menguasai materi.
B. media elektronik.
C. kantin.
D. dukungan orang tua siswa.

33. Hal yang dapat dipertimbangkan dalam menentukan lingkungan sebagai sumber belajar adalah sebagai berikut....

A. mudah dijangkau.
B. aman.
C. berkaitan dengan materi yang diajarkan.
D. memerlukan biaya tingga.

34. Apabila ingin memperkenalkan tentang cara menabung kepada anak, maka yang dapat dijadikan sumber belajar adalah....

A. posyandu.
B. bank.
C. puskesmas.
D. wartel.

35. Di kalangan tokoh masyarakat sebagai nara sumber, yang dapat dijadikan sumber belajar diantaranya adalah....

A. tutor sebaya.
B. budayawan.
C. kakak kelas.
D. pesuruh sekolah.

36. Yang dapat dijadikan nar sumber pada waktu anak melakukan pengatan tentang terjadinya banjir adalah....

A. adat istiadat.
B. sosial budaya.
C. lingkungan alam.
D. lembaga pemerintahan.

37. Prosedur dasar atau urutan langkah dalam pengembangan kerangka rencana pembelajaran sesuai dengan KTSP adalah....

A. menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator atau tujuan pembelajaran, pengalaman belajar dan proses pembelajaran.
B. indikator atau tujuan pembelajaran, pengalaman belajar dan proses belajaran, kompetensi dasar, standar kompetensi.
C. kompensi dasar, standar kompetensi, indikator atau tujuan pembelajaran, pengalaman belajar dan proses pembelajaran.
D. indikator atau tujuan pembelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, pengalaman belajar dan proses pembelajaran.

38. Bu Dini mengajar mata pelajaran PPKn kelas 4, jika rumusan indikatornya berbunyi siswa dapat melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara di lingkungan desa dan kecamatan, maka pengalaman belajar siswa yang harus dirancang oleh guru di kelas berdasarkan PKR tersebut adalah siswa secara....

A. perseorangan membuat karangan tentang" menjaga kebersihan lingkungan"
B. berkelompok berdiskusi tentang lingkungan.
C. mandiri mengerjakan tugas.
D. perseorangan membuat kliping tokoh- tokoh masyarakat.

39. Guru perlu memanfaatkan sarana pendukung belajar murid yang tersedia atau dapat diadakan. Pernyataan tersebut merupakan....

A. prinsip pemetaan materi
B. tujuan pemetaan materi.
C. fungsi pemetaan materi.
D. dasar pemetaan materi.

40. Pada waktu bersamaan Bu Denta mengajar mata pelajaran PPKn dengan topik" Hidup rukun" di kelas 1, kelas 4, dan kelas 5. Berdasarkan topik tersebut materi yang sesuai untuk kelas 1 adalah....

A. bekerja bakti di lingkungan RT.
B. perayaan natal bersama.
C. bermain bersama.
D. toleransi beragama.

41. Murid memahami konsep baru atau menguasai keterampilan, guru memantau dan selanjutnya murid berlatih di luar kelas. Kegiatan tersebut sesuai dengan model Weil M & Mc Greal, yaitu merupakan bentuk latihan....

A. bebas.
B. terbimbing.
C. terstruktur.
D. pengembang.

42. Dalam proses pembelajaran, di kelas 4 Bu nina menugaskan murid- murid berdiskusi secara kelompok dengan materi bahasan IPA. Setelah menyelesaikan diskusi, murid ditugaskan untuk memaparkan hasil diskusinya dan guru, guru memberi balikan hasil diskusi murid tersebut. Kegiatan tersebut di atas merupakan bentuk latihan ....

A. mandiri.
B. terbimbing.
C. terstruktur.
D. pengembangan.

soal ujian pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus,soal ut pdgk 4502,soal pendidikan lingkungan hidup,soal ujian pdgk 4502,rpp ktsp kelas 2 semester 2 terbaru,soal ujian ut tahun 2018,soal ujian ut non pendas 2018,soal ut komputer dan media pembelajaran,makalah perspektif pendidikan sd modul 11,rpp kelas 1 semester 2 ktsp,rpp ktsp kelas 2 semester 1,soal bahasa indonesia ut,soal ujian ut pdgk 4204,contoh soal ujian ut semester 4,soal uas ut pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sd,peta konsep pendidikan seni di sd ut,soal pdgk 4407,pdgk4109 bahasa dan sastra indonesia di sd,soal ujian ut 2018,peta konsep pdgk 4204,rangkuman modul 9 pdgk 4304,soal ujian ut pdgk 4306,soal uas idik4010 komputer dan media pembelajaran,soal ujian ut strategi pembelajaran di sd,soal ujian ut pdgk 4202,soal matematika kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban kurikulum 2013,soal ujian ut idik4007,soal bahasa inggris kelas 2 sd semester 1,bahasa inggris untuk guru sd pdgk4304,soal ut pgsd semester 8,rangkuman modul pdgk 4407,mata kuliah semester 9 ut pgsd,program tahunan sd kelas 1,rangkuman pdgk 4504,silabus dan rpp kejar paket b,pdgk4106 pendidikan ips di sd,rangkuman matematika pdgk4108,soal pdgk 4502,soal pdgk 4101,pdgk4305 keterampilan menulis,soal uas ut pdgk 4405,contoh soal ujian ut,soal ujian universitas terbuka s1 paud,soal ujian perspektif global,rpp ipa kelas 3 sd ktsp 2006 ,program tahunan tematik kelas 1 sd ktsp,soal ujian komputer dan media pembelajaran idik4010,soal ujian ut paud semester 3,soal ujian ut pdgk 4108,ujian

MODUL 1
Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR)

Kegiatan Belajar 1
Hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap
A.    Apakah yang dimaksud dengan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR)?
PKR adalah satu bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar dalam satu ruang kelas atau lebih, dalam saat yang sama, dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda.
B.     Mengapa PKR diperlukan ?
1.              Alasan Geografis
2.              Alasan Demografis
3.              Kurang Guru
4.              Terbatasnya Ruang Kelas
5.              Adanya Guru yang Tidak Hadir
6.              Alasan lainnya
a.              Menghadapi murid yang tingkat kemampuan dan kemajuan belajar yang berbeda.
b.              Perbedaan kemampuan dan kemajuan belajar diantara murid pada tingkat kelas yang sama.
C.    Apa tujuan, fungsi, dan manfaat PKR ?
Tujuan, fungsi, dan manfaat PKR dapat dikaji dari berbagai aspek berikut :
1.              Quantity dan Equity
PKR memungkinkan kita untuk memenuhi asas quantity (jumlah) dan equity (pemerataan), yaitu dengan mengoptimallkan sumber daya yang ada.
2.              Ekonomis
3.              Pedagogis
4.              Keamanan
D.    Prinsip apakah yang mendasari PKR ?
Prinsip – prinsip secara umum, yaitu :
-   Perbedaan kemampuan individual murid yang harus diperhatikan guru
-   Membangkitkan motivasi belajar murid
-   Belajar hanya terjadi jika murid aktif sehingga guru harus berusaha mengaktifkan murid.
Prinsip – prinsip khususnya, yaitu :
-   Keserempakan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan yang secara serempak atau bersamaan harus bermutu dan bermakna, artinya kegiatan tersebut mempunyai tujuan yang sesuai dengan tuntutan kurikulum/kebutuhan murid dan dikelola secara benar.
-   Kadar Tinggi Waktu Keaktifan Akademik (WKA)
-   Kontak Psikologis Guru dan Murid yang Berkelanjutan
-   Dalam PKR, Terjadi Pemanfaatan Sumber Secara Efisien
Kegiatan Belajar 2
Gambaran PKR yang Ideal dan Praktik yang Terjadi di Lapangan
A.          Bagaimanakah praktik mengajar kelas rangkap saat ini ?
Praktik PKR di lapangan masih banyak yang menyimpang dari gambaran PKR yang ideal. Pembelajaran lebih banyak berlangsung secara bergilir sehingga banyak waktu yang terbuang. Pemanfaatan sumber belum maksimal, supervisi guru terhadap belajar murid masih kurang. Sebagai akibat dari semuanya ini kadar WKA (Waktu Keaktifan Akademik) menjadi rendah, pembelajaran membosankan, dan tentu saja hasil belajar tidak sesuai dengan harapan.
B.           Gambaran PKR yang ideal (yang diinginkan)
PKR yang ideal, yang secara terencana menerapkan prinsip –prinsip PKR akan menyebabkan belajar menjadi kreatif memanfaatkan sumber belajar, murid aktif, iklim kelas ceria, menyenangkan sehingga muncul kerja sama dan persaingan yang sehat antar murid. Pembelajaran yang seperti ini jelas meningkatkan kadar WKA sehingga hasil belajar juga meningkat.
Guru PKR yang ideal harus mampu berperan sebagai administrator, perancang kurikulum, pembawa pembaruan , dan penasihat, di samping profesional serta kreatif.
MODUL 2
Model Pengelolaan dan Pembelajaran Kelas Rangkap
Kegiatan belajar 1
Prinsip dan Model Pengelolaan PKR
Ciri-ciri utama PKR, yaitu:
1.      Seorang guru
2.      Menghadapi dua kelas atau lebih
3.      Satu kelas dengan dua atau beberapa kelompok siswa yang berbeda kemampuan.
4.      Untuk membimbing belajar dalam satu mata pelajaran atau lebih.
5.      Beberapa topik yang berbeda dalam satu mata pelajaran.
6.      Dalam satu atau lebih dari satu ruangan.
7.      Pada jam pelajaran yang bersamaan.
Proses pembelajaran yang baik adalah proses pembelajaran yang efektif yang menurut Karweit (1987) ditandai oleh 3 hal sebagai berikut:
1.      Sebagian terbesar dari waktu yang tersedia benar-benar digunakan untuk belajar siswa
2.      Kualitas pembelajaran guru sangat memadai
3.      Sebagian terbesar atau seluruh siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar
Model-model PKR :
1.      Model Utama : PKR Murni : PKR 221
2 kelas, 2 mata pelajaran, 1 ruangan
2.      Model Alternatif : PKR Modifikasi : PKR  222
2 kelas, 2 mata pelajaran, 2 ruangan
3.      Model PKR 333
3 kelas, 3 mata pelajaran, 3 ruangan
Kegiatan Belajar 2
Prinsip Didaktik - Metodik dan Prosedur Dasar PKR
1.      Bagaimana Mengawali dan Mengakhiri Pelajaran
a.       Mengawali pelajaran
1)      Menarik perhatian siswa
-   Memperlihatkan benda, alat, dan gambar yang berhubungan dengan materi
-   Memberikan aba-aba perhatian dan ucapan salam pembuka
-   Membunyikan sesuatu, misalnya peluit
2)      Menimbulkan motivasi (ekstrinsik/instrumental dan intrinksik)
-   Kehangatan dan semangat (warmth and enthuasiasm)
-   Rasa penasaran / ingin tahu siswa (curiosity)
-   Ide yang bertentangan (conflicting/ controversial ideas)
-   Minat siswa
3)      Memberikan acuan belajar
-   Tujuan dan batas-batas tugas
-   Langkah-langkah yang akan ditempuh
-   Masalah pokok sebagai pusat perhatian
-   Pertanyaan pemicu belajar
4)      Membuat kaitan atau jalinan konseptual
-   Penyampaian pertanyaan apersepsi
-   Perangkuman materi pelajaran yang lalu dengan maksud memetakan yang telah dipelajari siswa
b.      Mengakhiri Pelajaran
1)      Meninjau Kembali
2)      Mengadakan evaluasi penguasaan siswa
-   Mendemonstrasikan keterampilan siswa
-   Menerapkan ide baru pada situasi lain
-   Mengemukakan pendapat sendiri
-   Mengerjakan soal-soal tertulis
3)      Memberikan tindak lanjut.
-   Memberi pekerjaan rumah
-   Merancang sesuatu
-   Mengomunikasikan sesuatu
2.      Bagaimana Mendorong Belajar Aktif dan Membiasakan Belajar Mandiri
Alasan :
a.       Individu yang berinisiatif dalam belajar dapat belajar lebih baik dari pada yang tergantung pada guru.
b.      Lebih sesuai dengan perkembangan mental individu
c.       Perkembangan baru dalam berbagai aspek pendidikan menempatkan siswa sebagai pembelajar yang aktif.
-   Membimbing diskusi kelompok kecil
-   Mengajar kelompok kecil dan perseorangan
-   Mengadakan variasi
Variasi artinya keanekaragaman. Variasi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
v Variasi gaya mengajar
v Variasi media dan sumber
v Variasi pola interaksi dan kegiatan
ü  Pola Interaksi perseorangan (Pola INPERS)
ü  Pola Interaksi Pasangan (Pola INPAS)
ü  Pola Interaksi Kelompok Kecil (Pola INKK)
ü  Pola Interaksi Kelompok Besar atau kelas tunggal (Pola INKB)
ü  Pola Interaksi Klasikal atau kelas banyak (Pola INKLAS)
3.      Bagaimana Mengelola Kelas PKR dengan Baik?
a.       Menciptakan dan memelihara situasi kelas yang optimal
Untuk dapat menciptakan situasi kelas yang optimal, seyogyanya terampil dalam:
-      Peka terhadap hal-hal yang mengganggu jalannya interaksi belajar mengajar
-      Memeratakan perhatian terhadap semua kelompok baik secara visual maupun verbal
-      Memberikan tugas pada siswa dengan jelas
-      Memberi teguran dengan arif dan bijaksana bila terjadi perilaku menyimpang dari siswa
-      Memberikan penguatan verbal, gestural, kegiatan, kedekatan, dan token sesuai dengan keperluan dan situasi secara wajar.
b.      Mengendalikan kondisi belajar yang optimal
-   Mengubah perilaku menyimpang dapat dilakukan dengan cara:
-   Mengajarkan dan memberi contoh perilaku yang diinginkan
-   Memberi hukuman yang benar dan wajar terhadap perilaku yang menyimpang
Kegiatan Belajar 3
Aneka Model Interaksi Kelas Rangkap dalam PKR
A.    Proses Belajar Arahan Sendiri (PBAS)
a.       Langkah-langkah
-       Penyeleksian
-       Pemahaman
-       Penguatan Ingatan
-       Penjabaran Lanjutan
-       Pengintegrasian
-       Pemantauan
b.      Saran penggunaan
B.     Proses Belajar Melalui Kerja Sama (PBMKS)
a.       Olah- Pikir Sejoli (OPS)
b.      Olah- Pikir Berebut (OPB)
c.       Konsultasi Intra Kelompok (KIK)
d.      Tutorial Teman Sebaya (TTS)
e.       Tutorial Lintas Kelas (TLK)
f.       Diskusi Meja Bundar (DMB)
g.      Tugas Diskusi Resitasi (TDR)
h.      Aktivitas Tugas Tertutup (ATTu), dan Aktivitas Tugas Terbuka (ATTa)
Saran Penggunaan
Peran guru dalam model ini adalah sebagai narasumber dan manager kelas. Misi utama model ini adalah keterampilan berpikir kognitif dan komunikasi secara tertulis.
Bagaimana memelihara suasana belajar?
1.      Memelihara disiplin kelas untuk memungkinkan setiap siswa selalu berada dalam tugas belajarnya dan tidak mengganggu siswa lainnya.
2.      Menciptakan dan memelihara suasana kelas yang menarik
3.      Selalu sadar dan merasa terikat oleh tujuan belajar yang telah dirumuskan dengan tepat
MODUL 3
Pengorganisasian Kelas
Kegiatan Belajar 1
Penataan Ruang Kelas
A.    Penataan  Ruang
1.      Penataan Fisik Kelas
a.       Daerah pajangan
b.      Kemudahan Bergerak
c.       Sinar
d.      Panas dan ventilasi
e.       Papan tulis
f.       Bangku dan kursi
g.      Meja guru
h.      Sudut aktivitas
2.      Pengaturan Denah Ruang Kelas
3.      Mengatur Pajangan
Kegiatan Belajar 2
Pengorganisasian Murid
A.    Kelompok Belajar
1.      Bagaimana Cara Membentuk Kelompok Belajar?
a.       Kelompok belajar berdasarkan persamaan kemampuan
b.      Kelompok berdasarkan kemampuan yang berbeda
c.       Pengelompokan sosial
2.      Bagaimana Merencanakan Kegiatan Kelompok Belajar?
Ada lima aspek dalam perencanaan yang harus diperhatikan (Cohen, 1986), yaitu:
a.       Menentukan bagaimana cara murid bekerja sama
b.      Menentukan program pelatihan bagi pengembangan keterampilan bekerja sama
c.       Memberikan tugas yang dapat dihasilkan oleh kelompok
d.      Meletakkan dasar-dasar kerja secara teliti
e.       Memutuskan bagaimana belajar bersama akan dievaluasi
3.      Bagaimana Cara Meningkatkan Keterampilan Belajar Kelompok?
Morris (Cohen, 1986) memberikan ilustrasi tentang jenis keterampilan yang diperlukan sebagai panduan agar semua murid aktif berpartisipasi. Oleh karena itu, murid harus diberikan penjelasan seperti berikut:
a.       Semua murid diharuskan mengemukakan gagasan
b.      Semua murid diberikan kesempatan untuk berbicara
c.       Murid memperhatikan dan dapat menangkap gagasan atau pendapat orang lain
d.      Menanyakan pada murid lainnya apakah mempunyai gagasan
e.       Berikan alasan untuk setiap gagasan, dan diskusikan apabila ada gagasan yang berbeda
f.       Mendorong murid-murid untuk bertanya
B.     Bagaimana memaksimalkan pemanfaatan sumber belajar yang ada agar para murid dapat belajar mandiri
Lembar Kerja Murid merupakan sarana untuk mengaktifkan murid-murid untuk belajar secara mandiri atau kelompok. LKM merupakan panduan untuk melakukan sesuatu kegiatan yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diberikan, misalnya melakukan pengamatan, percobaan, demonstrasi dan simulasi.
1.      Bagaimana Memanfaatkan Pusat Sumber Belajar?
Pusat Sumber belajar (PSB) adalah suatu cara yang baik untuk memantapkan dan memperkaya belajar murid-murid.
a.       Mengembangkan keterampilan atau konsep
-       Kecermatan
-       Penerapan konsep
b.      Menempatkan semua lembar kerja, permainan, dan hasil karya lainnya di suatu tempat dimana murid lain dapat belajar dengan cara belajar mandiri
c.       Mengembangkan beberapa bentuk penyimpanan
2.      Tutor Sebagai Organisator Kelas
Beberapa kelemahan :
a.       Efesiensi waktu sangat rendah
b.      Materi yang diberikan sangat sedikit
Bagaimana langkah-langkah dalam merencanakan pemanfaatan tutor ?
a.       Menetapkan tujuan yang ingin dicapai
b.      Menetapkan siapa yang akan ikut dalam tutorial
c.       Menetapkan tempat dimana tutorial dilaksanakan
d.      Penjadwalan tutorial
e.       Menentukan materi mana yang diberikan dalam tutorial
3.      Bagaimana cara memilih dan mempersiapkan tutor?
a.       Tutor sebaya
b.      Tutor kakak
c.       Tutor dari masyarakat
d.      Penjaga sekolah sebagai tutor
Kegiatan belajar 3
Disiplin kelas
A.    Apa yang dimaksud dengan ARK?
Aturan Rutin Kelas (ARK) adalah aturan-aturan dan prosedur yang dirumuskan oleh guru serta dimengerti oleh murid, untuk mengatur kegiatan dan perilaku sehari-hari.
ARK terdiri dari 2 jenis, yaitu ARK untuk murid-murid dan ARK untuk guru.
1.      ARK bagaimana yang harus anda persiapkan bagi anda sendiri?
a.       Papan tulis harus sudah bersih sebelum pelajaran dimulai
b.      Alat tulis
c.       Sumber bahan
d.      Tutor
2.      Apa yang dimaksud dengan “kegiatan siap” atau stand by activities?
Kegiatan siap adalah suatu kegiatan yang sudah dipersiapkan guru jauh sebelumnya.
a.       Pembelajaran secara klasikal
b.      Pembelajaran individu
c.       Pembelajaran dalam kelompok
MODUL 4
Lingkungan sebagai sumber belajar
Kegiatan belajar 1
Sekolah dan rekan sejawat guru sebagai sumber
A.    Kerja sama
Kerja sama merupakan usaha untuk meningkatkan dan memperluas sumber belajar. Kerja sama diarahkan kepada :
1.      Kerja sama antar guru dan kepala sekolah
2.      Kerja sama sekolah diarahkan untuk membangun pusat sumber belajar (PSB)
3.      Kerja sama dengan orang tua dan masyarakat diarahkan untuk menciptakan iklim dimana sekolah adalah milik bersama.
4.      Kerja sama dengan penilik, kepala cabang dinas (KCD) pendidikan, dan komite sekolah setempat sebagai pembina.
B.     Membangun iklim kerja sama
1.      Mengumpulkan data statistik dan sumber informasi
2.      Melakukan negosiasi (perundingan)
3.      Memberikan peranan nyata
4.      Melaporkan kedaan sekolah
5.      Memberikan tanda penghargaan
C.     Melakukan kerja sama dengan sekolah dan rekan sejawat guru
1.      Cara memanfaatkan rekan sejawat guru dari satu sekolah sebagai sumber belajar
Langkah yang dapat dilakukan :
a.       Kemukakan masalah yang dihadapi
b.      Menentukan alternatif pemecahan permasalahan
2.      Memilih alternatif yang paling tepat dengan mempertimbangkan kebutuhan, waktu, jadwal, dan bahan yang tersedia
3.      Cara memanfaatkan rekan sejawat guru dari sekolah lain
4.      Cara memanfaatkan teman guru dalam KKG
Kegiatan belajar 2
Sekolah dan lingkungan sebagai sumber belajar
a.       Menciptakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
b.      Melengkapi sekolah dengan sumber belajar
c.       Cara mengembangkan program kebun, kolam, dan peternakan sekolah
d.      Mengembangkan pusat sumber belajar (PSB)
Kegiatan belajar 3
Lingkungan sebagai sumber belajar
a.       Memanfaatkan pusat sumber belajar
b.      Lingkungan sekitar sebagai sumber belajar
1.      Cara mengidentifikasi lingkungan sebagai sumber belajar
a.       Sumber tersebut mudah dijangkau (kemudahan)
b.      Tidak memerlukan biaya tinggi (kemurahan)
c.       Tempat cukup aman untuk digunakan sebagai sumber belajar (keamanan)
d.      Berkaitan dengan materi yang diajarkan disekolah (kesesuaian)
2.      Memanfaatkan sumber tersebut untuk kepentingan belajar murid-murid
3.      Masyarakat sebagai sumber
MODUL 5
Penyusunan Rencana Pembelajaran Kelas Rangkap (Rpkr)
Kegiatan belajar 1
Analisis Struktur Kurikulum SD dan Prosedur Dasar Pengembangan Pembelajaran Kelas Rangkap
A.    Karakteristik kurikulum KTSP
1.      Kelompok Mata Pelajaran
a.       Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
b.      Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
c.       Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan tekhnologi
d.      Kelompok mata pelajaran estetika
e.       Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
B.     Prinsip pengembangan kurikulum
1.      Berpusat pada potensi, perkembanagan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
2.      Beragam dan terpadu
3.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, tekhnlologi, dan seni
4.      Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5.      Menyeluruh dan berkesinambungan
6.      Belajar sepanjang hayat
7.      Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
C.     Prinsip pelaksanaan kurikulum
1.      Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya.
2.      Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan pilar belajar
3.      Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan dan percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ketuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.
4.      Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima  dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat, dengan prinsip tut wuri handayani, ing madia mangun karsa dan ing ngarsa sung tulada.
5.      Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan tekhnologi yang memadai dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dengan prinsip alam takambang jadi guru.
6.      Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.
7.      Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antarkelas dan jenis serta jenjang pendidikan.
D.    Struktur kurikulum SD/MI
1.      Memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri sendiri.
2.      Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SD/MI merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”
3.      Pembelajaran pada kelas rendah menggunakan pendekatan tematik, dan pembelajaran kelas tinggi menggunakan pendekatan mata pelajaran.
4.      Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
5.      Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
6.      Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran adalah 34-38 minggu.
Kegiatan Belajar 2
Perumusan Indikator, Penataan Pengalaman Belajar, dan kegiatan Pembelajaran Kelas Rangkap
A.    Pengemasan pengalaman belajar dalam PKR
Untuk dapat menggapai proses belajar yang efektif dan bermakna dalam situasi pembelajaran merangkap kelas seorang guru perlu melakukan perencanaan yang baik. Dalam perencanaan ini tercakup serangkaian kegiatan sebagai berikut :
1.      Menggunakan standar isi untuk mengembangkan indikator dan pengalaman belajar
2.      Merumuskan indikator atas dasar analisisi muatan kompetensi dasar
3.      Merumuskan pengalaman belajar sesuai indikator yang dirumuskan
4.      Merumuskan kegiatan pembelajaran kelas rangkap
5.      Memilih sumber dan media belajar untuk mendukung pembelajaran kelas rangkap
Secara teoritis ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam menetapkan topik pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran kelas rangkap.
Berorientasi pada tujuan artinya bahwa topik yang dipilih harus bertolak dari tujuan dan tearah pada tujuan
1.      Disesuaikan dengan karakteristik siswa artinya bahwa penetapan topik yang terpadu atau terpisah selalu mengingat dan memperhatikan keadaan siswa
2.      Disesuaikan dengan kemampuan pengelolaan guru artinya guru perlu menyadari kemampuannya dalam mengelola PKR dengan topik yang telah dipilihnya.
3.      Layak sarana pendukung artinya guru memanfaatkan sarana pendukung belajar yang tersedia dan atau dapat diadakan.
4.      Tidak bersifat dipaksakan artinya guru tidak memaksakan diri karena dorongan atau desakan pihak luar hanya karena sekedar untuk turut ramai-ramai
B.     Cara memilih substansi belajar
Untuk dapat melakukan pemilihan materi yang memadai perlu memperhatikan syarat-syarat sebagai berikut :
1.      Mendukung ketercapaian kompetensi  dasar dan indikator
2.      Berkaitan erat dengan materi sebelumnya
3.      Didukung oleh sarana dan sumber belajar yang  tersedia atau dapat disediakan.
4.      Sesuai dengan perkembangan mental murid
5.      Menjadi dasar bagi studi lebih lanjut                   
C.    Cara menyusun rancangan kegiatan belajar
Dalam menyusun rancangan kegiatan belajar guru perlu menetapkan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Orientasi dan pendahuluan
Guru menetapkan tujuan, langkah dan materi
2.      Pengembangan
Guru menjelaskan konsep atau keterampilan, mendemonstrasikan model atau langkah dan mengecek pengertian siswa
3.      Latihan terstruktur
Guru memandu kegiatan kelompok siswa, dan memberikan balikan kepada siswa, dan siswa memberikan tanggapan
4.      Latihan terbimbing
Siswa berlatih memahami konsep baru atau keterampilan, guru memantaunya dan selanjutnya siswa berlatih lebih lanjut di luar kelas.
5.      Latihan bebas dan mandiri
Guru memeriksa dan membetulkan hasil latihan di luar kelas dan siswa melanjutkan latihan mandiri.
Cara memilih sumber dan media belajar
Secara sederhana media belajar mencakup bahan dan alat  audio seperti kaset audio dan siaran radio, bahan dan alat visual seperti TV, gambar, dan diagram, benda tiruan dan benda sesungguhnya.
Semua bahan dan alat tersebut digunakan untuk membantu siswa dalam belajar. Dalam pelaksanaan PKR terutama di SD yang kecil dan memiliki banyak kekurangan dalam sarana belajar, pemilihan media haruslah sesuai dengan lingkungan dan tepat guna. Layak lingkungan artinya media yang dipakai itu tersedia di lingkungan sekitar dengan demikian guru dan siswa dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan keadaan. Tepat guna artinya meskipun media tersebut tidak sepenuhnya memenuhi syarat ideal tapi masih tetap berfungsi membantu siswa belajar.
Kegiatan belajar 3
Evaluasi program pembelajaran kelas rangkap
A.    Cara penilaian terhadap pelaksanaan PKR
1.      Mengecek keterlaksanaan jadwal
2.      Mengecek keterlaksanaan pembelajaran di kelas-kelas yang dirangkap
3.      Mencatat materi pelajaran yang tidak sempat diajarkan
4.      Mencatat kegiatan yang tertunda
5.      Mencatat tugas-tugas yang harus diberikan kepada murid hari Minggu berikutnya
6.      Mencatat pertanyaan siswa yang belum terjawab
7.      Mencatat siswa-siswa yang belum terlibat aktif dalam belajar
8.      Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dalam PKR
9.      Mencatat hal-hal yang memuaskan dan mengecewakan anda sebagai guru dalam PKR
10.  Mencatat hal-hal yang perlu dibicarakan dengan guru lain
MODUL 6
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan dalam PKR
Kegiatan belajar 1
Hakikat keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan
A.    Pengertian
B.     Rasional
C.     Variasi pengorganisasian
D.    Hal-hal yang perlu diperhatikan
1.      Tidak semua topik dapat diajarkan melalui kelompok kecil dan perseorangan
2.      Dalam pembelajaran kelompok, langkah yang harus dikerjakan guru adalah mengorganisasikan siswa, sumber, materi, ruangan, serta waktu yang diperlukan.
3.      Kegiatan kelompok kecil yang efektif  harus diakhiri dengan kulminasi (puncak kegiatan).
4.      Guru perlu mengenal siswa secara pribadi hingga kondisi belajar dapat diatur dengan cepat
5.      Kegiatan dalam pembelajaran perseorangan dapat berupa bekerja bebas dengan bahan atau petunjuk yang telah disiapkan guru.
Kegiatan belajar 2
Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
A.    Keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi
1.      Menunjukan kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan dan prilaku siswa
2.      Mendengarkan secara simpatik ide-ide yang dikemukakan siswa
3.      Memberikan respons positif terhadap buah pikiran siswa
4.      Membangun hubungan saling mempercayai antara guru dan siswa dengan cara verbal
5.      Menunjukan kesiapkan untuk membantu siswa tanpa kecendrungan untuk mendominasi tugas siswa.
6.      Menerima prasaan siswa dengan penuh keterbukaan dan pengertian
7.      Berusaha mengendalikan situasi
B.     Keterampilan mengorganisasikan kegiatan
C.     Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar
1.      Memberikan penguatan secara tepat sehingga siswa terdorong untuk berlajar lebih baik
2.      Melakukan supervisi proses awal
3.      Melakukan supervisi proses lanjut
4.      Mengadakan supervisi pemaduan
D.     Keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran
1.      Membantu siswa menetapkan tujuan belajar
2.      Merencanakan kegiatan pembelajaran
3.      Bertindak atau berperan sebagai penasehat bagi siswa, jika diperlukan.
4.      Membantu siswa menilai pencapaian atau kemajuannya
Kegiatan belajar 3
Penerapan keterampilan belajar kelompok kecil dan perseorangan dalam pembelajaran kelas rangkap
A.    Contoh penerapan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan dalam PKR
B.     Mengidentifikasikan kemunculan komponen-komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan
C.     Analis kekuatan dan kelemahan contoh PKR
PENUTUP
            Demikianlah resume materi dari Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) PDGK4302 yang telah kami buat. Kami telah berusaha dengan semaksimal mungkin tapi kami masih yakin jika di dalam resume ini banyak sekali kekurangannya.
            Saran dan kritik sangat kami harapkan untuk kebaikan kami di masa yang akan datang ketika membuat resume, makalah, laporan dan sebagainya.
            Semoga sumbangsih kami yang sedikit ini bermanfaat bagi kita semua dan menjadi bekal untuk melaksanakan tugas sebagai guru bagi bangsa Indonesia.


pdgk 4104,soal ujian ut idik4013,silabus prakarya kelas 9,soal ujian sekolah pendidikan agama katolik sd kelas 6,soal ujian ut pdgk 4201,soal ujian ut pgsd 2018,soal uas ut semester 9,silabus kelas 2 sd ktsp 2006 semester 1,pdgk4207 pendidikan seni di sd,rpp tematik kelas 3 semester 2 ktsp 2006,soal ujian ut semester 3 ,mkdk 4001,kurikulum ktsp sd lengkap,soal bahasa indonesia kelas 3sd semester 2,nilai ut non pendas,soal ujian pdgk 4403,pgsd,pdgk 4204,soal ujian ut pendidikan ips di sd ,kunci jawaban pembelajaran pkn di sd pdgk4201 (bagian 2),soal ujian ut pkn semester 1,soal ujian ut semester 1 ,soal karya ilmiah,kumpulan soal ujian ut,soal ujian ut pdgk 4301,contoh soal ujian ut semester 1,contoh soal uas ut semester 1,soal ujian ut keterampilan berbahasa indonesia sd,kunci jawaban pembelajaran pkn di sd pdgk4201 (bagian 1) ,pdgk4405 materi dan pembelajaran ips sd,download soal,soal perspektif,pdgk4203 pendidikan matematika 1 ,soal ujian semester 6 ut,modul pdgk4103,kumpulan soal uas ut,pdgk4208 pendidikan jasmani dan olahraga,modul matematika ut pdgk4108,silabus ktsp 2006 sd pdf,modul 11 perspektif pendidikan sd,download kurikulum ktsp sd doc,soal ujian pengantar pendidikan,soal dan kunci jawaban pdgk4108,rangkuman modul 10 pendidikan seni di sd,modul media pembelajaran,pendidikan seni di sd pdgk4207 ,soal matematika ut,rpp kelas 2 semester 2 ktsp,pembelajaran ipa di sd pdgk4202,prota kelas 1 sd ktsp

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : pdgk4302 pembelajaran kelas rangkap

0 komentar:

Posting Komentar