Jumat, 01 Juni 2018

soal ujian pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus




soal ujian pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus

soal ujian pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus,contoh soal untuk anak berkebutuhan khusus,modul 1 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus,contoh soal matematika untuk anak berkebutuhan khusus,soal pilihan ganda tentang anak berkebutuhan khusus,rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 7,rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 3,rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 4,rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 1 -9

soal ujian pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus,soal ujian pdgk 4405,soal ujian pdgk 4405 materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut pgsd pdgk 4405,soal ujian ut pgsd,soal ujian ut pendidikan seni di sd,soal uas ut pgsd,soal pdgk4405 materi dan pembelajaran ips sd,soal pdgk 4405,soal ujian ut pgsd semester 6,soal ut matematika pdgk4108,soal ujian ut pgsd semester 10,soal ujian materi dan pembelajaran ips sd ,soal uas ut pgsd semester 9,soal ujian ut pdgk 4208,soal uas ut pgsd semester 1,soal materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut semester 10,soal ujian ut materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut pgsd pdgk 4208,soal ujian ut pdgk 4405,rpp tematik kelas 2 semester 1 berkarakter,soal ujian ut pgsd 2017,contoh soal pdgk4405,soal ut semester 9,contoh soal pdgk 4208,soal uas ut semester 10,pdgk 4405,pdgk4304 bahasa inggris untuk guru sd,soal ujian ut pdgk 4502,soal ut pgsd,soal ujian ut semester 8,soal ut semester 10,soal ujian ut semester 6,soal pdgk 4405 materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut pendidikan ips di sd 2017,soal ujian ut pgsd semester 9,soal uas ut pgsd semester 10 ,contoh soal ut pgsd,soal ujian matematika ut pgsd,soal uas ut pgsd semester 8,pdgk4405,soal uas ut semester 8 ,soal uas pendidikan seni di sd,soal uas perspektif pendidikan sd ut,soal ujian ut mkdk4001 pengantar pendidikan,soal ut semester 7,soal ujian ut matematika pdgk 4108,soal ujian ut pgsd semester 8,download soal ujian ut pgsd,soal uas pdgk 4405,contoh soal ujian ut pgsd,download soal uas ut pgsd,mkdk4001,silabus paket a setara sd,silabus ktsp sd kelas 2 semester 2,pdgk4104,site:.blogspot.com,kumpulan soal uas ut pgsd,soal pendidikan jasmani dan olahraga ut,soal ut pgsd semester 10,soal ut semester 8,download soal uas ut,soal ujian idik 4010,contoh rpp ktsp sd pdf,perspektif pendidikan sd,soal ujian ut semester 7,soal keterampilan menulis ut semester 6,soal matematika kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban,soal ujian ut non pendas 2015,soal ujian universitas terbuka download,soal ujian ut pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sd,soal ujian ut,soal uas ut semester 6,contoh soal pdgk 4405,soal ujian perspektif pendidikan sd,latihan soal uas ut pgsd,rangkuman pdgk4106 pendidikan ips di sd,soal ujian ut pgsd idik4007,download soal ujian ut,soal uas matematika ut pgsd,download rpp ktsp sd,soal ujian ut semester 4,soal ujian keterampilan menulis ut,mkdk4001 pengantar pendidikan,rpp tematik kelas 2 semester 2 terbaru,soal ujian ut matematika,bahasa inggris untuk guru sd pdgk 4304,rangkuman pdgk 4304,soal ujian ut semester 9,soal ujian ut pdgk 4406,soal ujian ut pgsd semester 1,persamaan kuadrat,soal ut pgsd semester 6,soal ut semester 6,pdgk 4302,soal ujian matematika ut,rpp kelas 3 sd ktsp 2006 doc,soal pdgk 4108,rangkuman pdgk4108,soal ujian ut pembelajaran pkn di sd,soal uas ut pdgk 4407,rangkuman pdgk 4505,soal ujian ut 2015,soal uas ut pembelajaran pkn di sd,soal ujian ut pdgk 4407,soal ut semester 2,soal dan jawaban matematika pdgk4108,contoh soal ut,soal ujian pgsd ut,soal uas semester,soal ujian ut pdgk4101,kisi - kisi soal ut,rangkuman modul pdgk 4304,contoh soal strategi pembelajaran di sd ut,soal ujian pdgk 4407,download rpp ipa kelas 3 sd ktsp,soal uas ut teknik penulisan karya ilmiah,soal ujian ut non pendas 2017,silabus prakarya kelas 9 kurikulum 2013,soal pdgk 4205,soal pendidikan seni di sd,pdgk4304,minak jinggo,soal uas ut strategi pembelajaran di sd,mata kuliah s1 pgsd ut semester 9,soal ujian ut semester 5,soal materi dan pembelajaran ipa sd pdgk 4503,soal ujian ut 2017,soal pgsd,soal ujian pdgk4101,soal pdgk 4504,soal soal ujian ut,soal ujian pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sd,soal ujian ut semester 2,soal ujian ut pdgk 4101,soal uas ut komputer dan media pembelajaran,pdgk 4407,soal ut pdgk 4108,silabus paket b setara smp,soal matematika ut pdgk4108,soal ujian ut pgsd idik4010,download kurikulum ktsp sd lengkap,soal uas pgsd ut,soal uas ut pendidikan ips di sd,karya ilmiah ut semester 8,soal perspektif pendidikan sd,soal ujian ut pdgk 4205,soal uas ut,soal ut pendidikan seni di sd,contoh rpp ktsp 2006 pdf,pdgk 4104,soal ujian ut idik4013,silabus prakarya kelas 9,soal ujian sekolah pendidikan agama katolik sd kelas 6,soal ujian ut pdgk 4201,soal ujian ut pgsd 2018,soal uas ut semester 9,silabus kelas 2 sd ktsp 2006 semester 1,pdgk4207 pendidikan seni di sd,rpp tematik kelas 3 semester 2 ktsp 2006,soal ujian ut semester 3 ,mkdk 4001,kurikulum ktsp sd lengkap,soal bahasa indonesia kelas 3sd semester 2,nilai ut non pendas,soal ujian pdgk 4403,pgsd,pdgk 4204,soal ujian ut pendidikan ips di sd ,kunci jawaban pembelajaran pkn di sd pdgk4201 (bagian 2),soal ujian ut pkn semester 1,soal ujian ut semester 1 ,soal karya ilmiah,kumpulan soal ujian ut,soal ujian ut pdgk 4301,contoh soal ujian ut semester 1,contoh soal uas ut semester 1,soal ujian ut keterampilan berbahasa indonesia sd,kunci jawaban pembelajaran pkn di sd pdgk4201 (bagian 1) ,pdgk4405 materi dan pembelajaran ips sd,download soal,soal perspektif,pdgk4203 pendidikan matematika 1 ,soal ujian semester 6 ut,modul pdgk4103,kumpulan soal uas ut,pdgk4208 pendidikan jasmani dan olahraga,modul matematika ut pdgk4108,silabus ktsp 2006 sd pdf,modul 11 perspektif pendidikan sd,download kurikulum ktsp sd doc,soal ujian pengantar pendidikan,soal dan kunci jawaban pdgk4108,rangkuman modul 10 pendidikan seni di sd,modul media pembelajaran,pendidikan seni di sd pdgk4207 ,soal matematika ut,rpp kelas 2 semester 2 ktsp,pembelajaran ipa di sd pdgk4202,prota kelas 1 sd ktsp,soal ut pdgk 4502,soal pendidikan lingkungan hidup,soal ujian pdgk 4502,rpp ktsp kelas 2 semester 2 terbaru,soal ujian ut tahun 2018,soal ujian ut non pendas 2018,soal ut komputer dan media pembelajaran,makalah perspektif pendidikan sd modul 11,rpp kelas 1 semester 2 ktsp,rpp ktsp kelas 2 semester 1,soal bahasa indonesia ut,soal ujian ut pdgk 4204,contoh soal ujian ut semester 4,soal uas ut pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sd,peta konsep pendidikan seni di sd ut,soal pdgk 4407,pdgk4109 bahasa dan sastra indonesia di sd,soal ujian ut 2018,peta konsep pdgk 4204,rangkuman modul 9 pdgk 4304,soal ujian ut pdgk 4306,soal uas idik4010 komputer dan media pembelajaran,soal ujian ut strategi pembelajaran di sd,soal ujian ut pdgk 4202,soal matematika kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban kurikulum 2013,soal ujian ut idik4007,soal bahasa inggris kelas 2 sd semester 1,bahasa inggris untuk guru sd pdgk4304,soal ut pgsd semester 8,rangkuman modul pdgk 4407,mata kuliah semester 9 ut pgsd,program tahunan sd kelas 1,rangkuman pdgk 4504,silabus dan rpp kejar paket b,pdgk4106 pendidikan ips di sd,rangkuman matematika pdgk4108,soal pdgk 4502,soal pdgk 4101,pdgk4305 keterampilan menulis,soal uas ut pdgk 4405,contoh soal ujian ut,soal ujian universitas terbuka s1 paud,soal ujian perspektif global,rpp ipa kelas 3 sd ktsp 2006 ,program tahunan tematik kelas 1 sd ktsp,soal ujian komputer dan media pembelajaran idik4010,soal ujian ut paud semester 3,soal ujian ut pdgk 4108,ujian,contoh soal untuk anak berkebutuhan khusus,modul 1 pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus,contoh soal matematika untuk anak berkebutuhan khusus,soal pilihan ganda tentang anak berkebutuhan khusus,rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 7,rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 3,rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 4,rangkuman pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus modul 1 -9


NASKAH LATIHAN SOAL UNIVERSITAS TERBUKA

MATAKULIAH: PDGK4404 PENGANTAR PENDIDIKAN LUAR BIASA (PDGK4407 PENGANTAR PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS)
KODE NASKAH : LM01
NAMA PENULIS: NGADI MARSINAH (ngadi@mail.ut.ac.id)
PENELAAH: PRATISTO

SAPAAN
Halo mahasiswa FKIP - UT selamat berjumpa kembali dalam Latihan Mandiri (LM) Online. Apakah Anda sudah mempelajari buku materi pokok (BMP) matakuliah tersebut. Bila sudah, Anda dapat langsung mengerjakan LM Online tersebut. LM Online ini dimaksudkan untuk membantu Anda mengetahui keberhasilan atau kemajuan belajar Anda setelah mempelajari satu BMP penuh dan untuk menyiapkan diri menghadapi ujian akhir semester (UAS).
Naskah LM Online ini sudah dilengkapi feedback yang berisi penjelasan untuk setiap option benar maupun salah, serta hint yang berisi rambu - rambu untuk menyelesaikan setiap butir soal.
Petunjuk mengerjakan soal dengan teliti, pilihlah salah satu jawaban yang benar dari A, B, C, D.
Selamat mengerjakan

1
Anak Luar Biasa adalah anak yang mempunyai sesuatu yang luar biasa secara sigfikan membedakannya dengan....
       

A. anak normal

B. anak seusianya

C. Saudara- saudaranya

D. teman- temannya

2
Jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual adalah....
       

A. kecerdasan rendah

B. tunanetra

C. tunaganda

D. tunalaras

3
Penyebab terjadinya keluarbiasaan yang terjadi setelah kelahiran adalah....
       

A. virus rubela

B. proses kelahiran

C. Posnatal

D. salah minum obat

4
Berikut ini adalah sikap keluarga yang mungkin terjadi apabila ada anggota keluarga yang mengalami kelainan fisik akibat kecelakaan, kecuali....
       

A. shock

B. menerima kenyataan

C. malu

D. sebagai anugerah

5
Keadaan anak yang tidak dapat mendengar sejak lahir akan berakibat kurang baik bagi masa depan anak jika tidak mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam....
       

A. sikap

B. berkomunikasi

C. mobilitas

D. pengembangan keterampilan.


6
Penyandang keluarbiasaan juga memerlukan teman sebaya untuk bergaul. Kehadiran seorang teman merupakan kebutuhan dilihat dari aspek....
       

A. sosial emosional

B. fisik

C. kesehatan

D. pendidikan

7
Penyandang keluarbiasaan selain mempunyai hak untuk mendapat pendidikan, juga mempunyai hak untuk hal - hal berikut ini, kecuali....
       

A. bersosialisasi

B. mendapat pekerjaan

C. memanfaatkan fasilitas umum

D. mentaati peraturan yang berlaku

8
Pelayanan bagi anak luar biasa adalah layanan yang diberikan kepada penyandang keluarbiasaan untuk....
       

A. menumbuhkan potensi anak

B. melayani kebutuhan pribadi

C. pemenuhan kebutuhan

D. pengguna layanan

9
Jenis layanan bagi ALB adalah seperti berikut ini, kecuali....
       

A. kesehatan

B. emosional

C. kebutuhan pendidikan

D. berperilaku sopan dan santun

10
Pelayanan bagi ALB di indonesia telah dimulai sejak berdirinya sekolah yang khusus pada tahun.... diperuntukkan bagi tunanetra pada tahun....
       

A. 1901

B. 19088

C. 1928

D. 1945

11
Dalam pelayanan segregasi ALB mendapatkan pendidikan khusus untuk ALB, sedangkan pada proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung dengan....
       

A. anak normal

B. anak seusia

C. saudaranya

D. teman - temannya

12
Anak luar biasa mendapat layanan pendidikan bersama- sam dengan anak - anak normal di sekolah biasa, diajar oleh guru sekolah biasa yang dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian  merupakan model....
       

A. layanan di sekolah biasa

B. sekolah biasa dengan guru konsultan

C. sekolah biasa dengan ruang sumber

D. sekolah khusus ALB

13
Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan pendekatan ....
       

A. mandiri

B. kolaborasi

C. pereodik

D. berkesinambungan

14
Anak berbakat adalah anak yang memiliki IQ 130-140. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
       

A. Moh Yamin

B. Erancoya

C. Clark

D. teman

15
Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi....
       

A. sosial

B. fisik

C. akademik

D. emosional

16
Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi mereka untuk....
       

A.pengembangan fungsi otak yang efektif dan efisien

B. membutuhkan kepedulian masyarakat

C. pengembangan aset bangsa

D. emosional

17
Salah satu tujuan program pendidikan anak berbakat adalah....
       

A. Pengajaran semua matapelajaran di sekolah

B. penguasaan konsep penting matapelajaran sesuai tingkat kemampuannya.

C. meningkatkan potensi belajar di atas rata - rata kelas

D. membina terciptanya anak unggulan

18
Layanan adaptasi lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan anak berbakat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut, kecuali....
       

A. mengadakan kelas pengayaan

B. menggunakan guru konsultan

C. sekolah umum

D. studi mandiri

19
Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan dengan....
       

A. percepatan/ akselerasi siswa

B. studi mandiri

C. menggunakan guru konsultan

D. menggunakan ruangan sumber belajar.

20
Anak tunanetra yang diklasifikasikan kurang lihat (low vision), memiliki ketajaman penglihatan....
       

A. 20/20 - 20/50 feet

B. 60/60 - atau 20/200 feet

C. virus o

D. 6/20 atau 20/70 feet

21
Pencegahan terjadinya tunanetra dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini. Pernyataan tersebut merupakan pencegahan secara....
       

A. edukatif

B. sosial

C. medis

D. pribadi

22
Dini mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan gangguan kebutaan, selanjutnya hari - harinya dipenuhi kesedihan, dan keputusan. Dari kejadian tersebut Dini mengalami gangguan serius pada....
       

A. emosi

B. curiga pada orang lain

C. kepekaan terhadap lingkungan

D. ketergantungan pada orang lain

23
Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti orang normal lainnya merupakan karakteristik anak tunanetra dilihat dari aspek....
       

A. Fisik

B. motorik

C. sosial

D. akademis

24
Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak tunanetra adalah latihan....
       

A. tali temali

B. bermain bola

C. membaca dan menulis huruf braille

D. menulis huruf latin

25
Anak tunarungu konduktif adalah anak yang mengalami kerusakan organ pendengaran pada bagian....
       

A. luar dan tengah

B. tengah dalam dan syaraf pendengaran

C. tengah

D. dalam saja

26
Jenis tunarungu yang disebabkan oleh faktor genetik adalah sebagai berikut, kecuali....
       

A. rubela

B. meningtis

C. tympanisclerosis

D. trauma akustik

27
Tuna mengalami kecelakaan yang mengakibatkan pecahnya selaput gendang dengar dan lepasnya rangkaian tulang pendengaran. Dari pernyataan tersebut ketunarunguan Tama termasuk tunarungu tipe....
       

A. konduktif

B. sensor

C. endogen

D. eksogen

28
Anak tunarungu cenderung bergaul dengan sesama tunarungu dan menarik diri dari lingkungan orang mendengar. Pernyataan tersebut mencerminkan karakteristik anak tunarungu dilihat dari aspek....
       

A. akademis

B. sosial

C. kesehatan

D. fisik

29
Layanan pendidikan bagi anak tunarungu antara lain meliputi, layanan....
       

A. pendidikan yang sama dengan anak normal.

B. memperbanyak pelajaran praktek

C. akademik dan layanan untuk mengurangi kelaianannya.

D. latihan, administrasi

30
Pendekatan dengan menerapkan berbagai metode baik lisan, tulisan, maupun isyarat adalah merupakan metode....
       

A. oral

B. membaca ujaran

C. manual ( isyarat)

D. komunikasi total

31
Anak tunagrahita yang memiliki ukuran kepala kecil, merupakan jenis kelainan jasmani ....
       

A. kretin

B. hydrocephal.

C. microcephal

D. Macrocephal

32
Tunagrahita yang disebabkan karena faktor keturunan adalah sebagai berikut, kucuali....
       

A. infeksi dan keracunan

B. faktor bawaan

C. kerusakan gen

D. kelainan kromoson

33
Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan cara penyampaian informasi tentang....
       

A. penyuluhan genetik

B. diagnostik prenatal

C. pemeliharaan kesehatan

D. sanitasi lingkungan

34
Anak tunagrahita yang kematangan belajar membaca baru dicapainya pada umur 12 tahun termasuk....
       

A. ringan

B. sedang

C. berat

D. sangat berat

35
Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serta dapat bergaul di masyarakat, merupakan tujuan pendidikan anak tunagrahita....
       

A. ringan

B. sedang

C. berat

D. sangat berat

36
Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi anak tunagrahita antara lain....
       

A. berkesempatan bergaul dengan anak normal

B. pergaulan lebih spesifik

C. lebih konsentrasi dalam belajar.

D. lahir dari rasa rendah diri

37
AnaK tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala....
       

A. mudah tersinggung

B. mudah marah

C. keterbelakangan mental

D. ketidakmampuan bicara

38
Memberikan kegiatan melalui berkesenian, keterampilan dan kerajinan merupakan tujuan pendidikan anak tunadaksa dalam hl....
       

A. mematangkan moral

B. meningkatkan ekspresi diri

C. membantu perkembangan fisik

D. mematangkan aspek sosial

39
Lama belajar dalam satu jam pelajaran pada jenjang SDLB adalah....
       

A. 25 menit

B. 30 menit

C. 45 menit

D. 50 menit

40
Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar merupakan langkah- langkah yang terdapat dalam....
       

A. perencanaan kegiatan belajar mengajar

B. prinsip multi sensori

C. prinsip individual

D. fungsi pembelajaran menyediakan ruangan khusus

41
Pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata merupakan karakteristik anak tunalaras dilihat dari segi....
       

A. fisik

B. emosional

C. akademik

D. sosial

42
Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah....
       

A. memberi keterampilan khusus untuk bekal hidup

B. memberi hukuman

C. menjelaskan perilaku yang akan diubah

D. mengatakan perilaku yang akan diterima

43
Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu mendapat perhatian khusus adalah gangguan....
       

A. perhatian

B. berbahasa

C. motorik

D. kesulitan membaca

44
Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang....
       

A. akademik

B. perkembangan

C. pertumbuhan

D. motorik

45
Karakteristik anak berkesulitan belajar adalah sebagai berikut, kecuali....
       

A. hiperaktif

B. gangguan persepsi motorik

C. kesulitan menyesuaikan diri

D. gangguan bicara dan mendengar

46
Menentukan pengelompokan anak secara tepat untuk pengajaran, merupakan salah satu tujuan asesmen....
       

A. kemampuan membaca

B. prosedur bimbingan membaca

C. pendekatan remidial membaca

D. membantu siswa membaca pemahaman

47
Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat....
       

A. semi konkrit - konkrit - abstrak

B. konkrit - semi konkrit - abstrak

C. konkrit

D. abstrak - semi konkrit - konkrit

48
Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di sekolah biasa adalah....
       

A. memeriksa riwayat hidup siswa

B. mencatat nama siswa yang mengalami kelainan

C. melakukan identifikasi

D. melakukan wawancara

49
Berdasarkan pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari kemampuan yang diharapkan. Oleh karena itu oleh guru kelas Tia dianggap sebagai anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru tersebut adalah merupakan tindakan....
       

A. evaluasi

B. wawancara

C. diagnosa

D. identifikasi

50
Jenis layanan yng diperlukan ALB adalah didasarkan pada pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali....
       

A. menentukan kemampuan yang semestinya dikuasai anak.

B. untuk pengembangan potensi yang optimal

C. setiap anak memerlukan bantuan khusus dari guru.

D. setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda


soal ujian pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus,soal ut pdgk 4502,soal pendidikan lingkungan hidup,soal ujian pdgk 4502,rpp ktsp kelas 2 semester 2 terbaru,soal ujian ut tahun 2018,soal ujian ut non pendas 2018,soal ut komputer dan media pembelajaran,makalah perspektif pendidikan sd modul 11,rpp kelas 1 semester 2 ktsp,rpp ktsp kelas 2 semester 1,soal bahasa indonesia ut,soal ujian ut pdgk 4204,contoh soal ujian ut semester 4,soal uas ut pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sd,peta konsep pendidikan seni di sd ut,soal pdgk 4407,pdgk4109 bahasa dan sastra indonesia di sd,soal ujian ut 2018,peta konsep pdgk 4204,rangkuman modul 9 pdgk 4304,soal ujian ut pdgk 4306,soal uas idik4010 komputer dan media pembelajaran,soal ujian ut strategi pembelajaran di sd,soal ujian ut pdgk 4202,soal matematika kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban kurikulum 2013,soal ujian ut idik4007,soal bahasa inggris kelas 2 sd semester 1,bahasa inggris untuk guru sd pdgk4304,soal ut pgsd semester 8,rangkuman modul pdgk 4407,mata kuliah semester 9 ut pgsd,program tahunan sd kelas 1,rangkuman pdgk 4504,silabus dan rpp kejar paket b,pdgk4106 pendidikan ips di sd,rangkuman matematika pdgk4108,soal pdgk 4502,soal pdgk 4101,pdgk4305 keterampilan menulis,soal uas ut pdgk 4405,contoh soal ujian ut,soal ujian universitas terbuka s1 paud,soal ujian perspektif global,rpp ipa kelas 3 sd ktsp 2006 ,program tahunan tematik kelas 1 sd ktsp,soal ujian komputer dan media pembelajaran idik4010,soal ujian ut paud semester 3,soal ujian ut pdgk 4108,ujian


Soal Ujian Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404 (bagian 4)


No 31.
Anak tunagrahita yang memiliki ukuran kepala kecil, merupakan jenis kelainan jasmani ....
A.      kretin
B.      hydrocephal.
C.      microcephal
D.      Macrocephal

No 32.
Tunagrahita yang disebabkan karena faktor keturunan adalah sebagai berikut, kucuali....
A.      infeksi dan keracunan
B.      faktor bawaan
C.      kerusakan gen
D.      kelainan kromoson

No 33.
Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan cara penyampaian informasi tentang....
A.      penyuluhan genetik
B.      diagnostik prenatal
C.      pemeliharaan kesehatan
D.      sanitasi lingkungan

No 34.
Anak tunagrahita yang kematangan belajar membaca baru dicapainya pada umur 12 tahun termasuk....
A.      ringan
B.      sedang
C.      berat
D.      sangat berat

No 35.
Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serta dapat bergaul di masyarakat, merupakan tujuan pendidikan anak tunagrahita....
A.      ringan
B.      sedang
C.      berat
D.      sangat berat

No 36.
Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi anak tunagrahita antara lain....
A.      berkesempatan bergaul dengan anak normal
B.      pergaulan lebih spesifik
C.      lebih konsentrasi dalam belajar.
D.      lahir dari rasa rendah diri

No 37.
AnaK tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala....
A.      mudah tersinggung
B.      mudah marah
C.      keterbelakangan mental
D.      ketidakmampuan bicara

No 38.
Memberikan kegiatan melalui berkesenian, keterampilan dan kerajinan merupakan tujuan pendidikan anak tunadaksa dalam hl....
A.      mematangkan moral
B.      meningkatkan ekspresi diri
C.      membantu perkembangan fisik
D.      mematangkan aspek sosial

No 39.
Lama belajar dalam satu jam pelajaran pada jenjang SDLB adalah....
A.      25 menit
B.      30 menit
C.      45 menit
D.      50 menit

No 40.
Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar merupakan langkah- langkah yang terdapat dalam....
A.      perencanaan kegiatan belajar mengajar
B.      prinsip multi sensori
C.      prinsip individual
D.      fungsi pembelajaran menyediakan ruangan khusus



Kunci Jawaban Pengantar Pendidikan Luar Biasa PDGK4404 (bagian 4)

No 31.
a.       salah, karena ciri- ciri ini, badan gemuk dan pendek, tangan pendek dan bengkok, kulit kering, tebal, dan keriput.
b.      salah, karena ciri- ciri ini kepala besar, raut muka kecil, pandangan tidak sempurna.
c.       benar, yaitu memiliki ukuran kepala yang kecil
d.      salah, karena memiliki ukuran yang besar dari ukuran normal.

No 32.
a.      salah, karena terjangkitnya penyakit selama janin masih dalam kandungan.
b.      benar, yaitu bisa terjadi karena mewarisi kelainan dari orangtuanya.
c.       benar, yaitu kelainan gen terjadi akibat pada waktu mutasi.
d.      benar, yaitu terjadi karena melilit

No 33.
a.      benar, yaitu pencegahan dengan mengkomunikasikan berbagai informasi mengenai masalah genitika.
b.      salah, karena merupakan pemeriksaan kehamilan, sehingga dapat diketahui lebih dini apakah janin mengalami kelainan.
c.       salah, karena usaha ini dilakukan ibu hamil menyakut pemeriksaan kesehatan selama kehamilan.
d.      salah, karena usaha ini mengupayakan terciptanya lingkungan yang baik, sehingga tidak menghambat perkembangan bayi.

No 34.
a.      benar, yaitu kematangan belajar membaca dicapai pada usia 12 tahun.
b.      salah, karena perkembangan bahasanya lebih terbatas.
c.       salah, karena lebih banyak ketergantungan dengan orang lain.
d.      salah, karena lebih banyak ketergantungan dengan orang lain.

No 35.
a.      benar, yaitu mengurus dan membina gdiri sendiri, serdapat bergaul di masyarakat.
b.      salah, karena anak tunagrahita dapat mengurus diri sendiri seperti, makan, minum, berpakaian, kebersihan badan.
c.       salah, karena anak tunagrahita dapat mengurus diri sendiri secara sederhana, memberi tanda atau kata- kata bila menginginkan sesuatu.
d.      salah,karena anak tunagrahita dapat melakukan kesibukan yang bermanfaat, misalnya mengisi kotak- kotak dengan paku.

No 36.
a.      benar, pergaulan dengan anak normal merupakan latihan hidup yang sebenarnya.
b.      salah, karena pergaulan jenis ini lebih umum.
c.       salah, karena konsentrasi belajar tidak berhubungan langsung dengan sistyem pendidikan.
d.      salah, karena rasa rendah diri tak ada hubungannya dengan sistem pendidikan.

No 37.
a.       salah, karena termasuk karakteristik ketunagrahitaan sosial.
b.      salah, karena termasuk karakteristik ketunagrahitaan sosial.
c.       benar, yaitu mengalami keterbelakangan mental.
d.      salah, karena termasuk karakteristik ketunagrahitaan fisik.

No 38.
a.       salah, karena pendidikan anak tunadaksa melalui keagamaan, norma kehidupan.
b.      benar, yaitu melalui kesenian, keterampilan, dan kerajinan.
c.       salah, karena tujuan pendidikan anak tunagrahita dengan membantu memelihara kesehatan fisik.
d.      salah, karena memfokuskan pada penanaman konsep diri.

No 39.
a.       salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.
b.      benar, yaitu 30 menit.
c.       salah, karena merupakan jawaban yang sesuai dengan SLTPLB
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai dengan kurikulum.

No 40.
a.      benar, yaitu merupakan perencanaan kegiatan belajar mengajar.
b.      salah, karena merupakan prinsip pembelajaran.
c.       salah, karena merpakan prinsip pembelajaran.
d.      salah, karena bukan merupakan jawaban yang sesuai.

Download Soal Ujian Akhir Semester (UAS) UT PGSD PDGK4407 Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

pdgk 4104,soal ujian ut idik4013,silabus prakarya kelas 9,soal ujian sekolah pendidikan agama katolik sd kelas 6,soal ujian ut pdgk 4201,soal ujian ut pgsd 2018,soal uas ut semester 9,silabus kelas 2 sd ktsp 2006 semester 1,pdgk4207 pendidikan seni di sd,rpp tematik kelas 3 semester 2 ktsp 2006,soal ujian ut semester 3 ,mkdk 4001,kurikulum ktsp sd lengkap,soal bahasa indonesia kelas 3sd semester 2,nilai ut non pendas,soal ujian pdgk 4403,pgsd,pdgk 4204,soal ujian ut pendidikan ips di sd ,kunci jawaban pembelajaran pkn di sd pdgk4201 (bagian 2),soal ujian ut pkn semester 1,soal ujian ut semester 1 ,soal karya ilmiah,kumpulan soal ujian ut,soal ujian ut pdgk 4301,contoh soal ujian ut semester 1,contoh soal uas ut semester 1,soal ujian ut keterampilan berbahasa indonesia sd,kunci jawaban pembelajaran pkn di sd pdgk4201 (bagian 1) ,pdgk4405 materi dan pembelajaran ips sd,download soal,soal perspektif,pdgk4203 pendidikan matematika 1 ,soal ujian semester 6 ut,modul pdgk4103,kumpulan soal uas ut,pdgk4208 pendidikan jasmani dan olahraga,modul matematika ut pdgk4108,silabus ktsp 2006 sd pdf,modul 11 perspektif pendidikan sd,download kurikulum ktsp sd doc,soal ujian pengantar pendidikan,soal dan kunci jawaban pdgk4108,rangkuman modul 10 pendidikan seni di sd,modul media pembelajaran,pendidikan seni di sd pdgk4207 ,soal matematika ut,rpp kelas 2 semester 2 ktsp,pembelajaran ipa di sd pdgk4202,prota kelas 1 sd ktsp


SOAL UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus PDGK4407


Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban PDGK4407 PengantarPendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 
1. Menurut PP 72 tahun 1991 penyandang tunagrahita terbagi menjadi tiga yaitu ringan IQ-nya 50 - 70, sedang IQ-nya 30 - 50, dan berat dan sangat berat IQ-nya kurang dari 30. Istilah yang digunakan untuk anak berkebutuhan khusus menurut UU No 20/2003 tentang Sisdiknas adalah anak ......... 
A. kelaparan 
B. yang mengalami gangguan pencernaan 
C. Luar biasa 
D. menderita karena penyakit kanker
Jawab: C. Benar, sebab anak berkebutuhan khusus adalah anak luar biasa, dan pendidikan bagi anak-anak ini disebut sebagai pendidikan luar biasa
Pembahasan: Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 1 KB 1 tentang Definisi dan jenis kebutuhan khusus 


soal uas ut pdgk 4407,rangkuman pdgk 4505,soal ujian ut 2015,soal uas ut pembelajaran pkn di sd,soal ujian ut pdgk 4407,soal ut semester 2,soal dan jawaban matematika pdgk4108,contoh soal ut,soal ujian pgsd ut,soal uas semester,soal ujian ut pdgk4101,kisi - kisi soal ut,rangkuman modul pdgk 4304,contoh soal strategi pembelajaran di sd ut,soal ujian pdgk 4407,download rpp ipa kelas 3 sd ktsp,soal uas ut teknik penulisan karya ilmiah,soal ujian ut non pendas 2017,silabus prakarya kelas 9 kurikulum 2013,soal pdgk 4205,soal pendidikan seni di sd,pdgk4304,minak jinggo,soal uas ut strategi pembelajaran di sd,mata kuliah s1 pgsd ut semester 9,soal ujian ut semester 5,soal materi dan pembelajaran ipa sd pdgk 4503,soal ujian ut 2017,soal pgsd,soal ujian pdgk4101,soal pdgk 4504,soal soal ujian ut,soal ujian pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sd,soal ujian ut semester 2,soal ujian ut pdgk 4101,soal uas ut komputer dan media pembelajaran,pdgk 4407,soal ut pdgk 4108,silabus paket b setara smp,soal matematika ut pdgk4108,soal ujian ut pgsd idik4010,download kurikulum ktsp sd lengkap,soal uas pgsd ut,soal uas ut pendidikan ips di sd,karya ilmiah ut semester 8,soal perspektif pendidikan sd,soal ujian ut pdgk 4205,soal uas ut,soal ut pendidikan seni di sd,contoh rpp ktsp 2006 pdf

2. Sejak berlakunya UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas, maka digunakan istilah pendidikan khusus, pendidikan khusus dimaksudkan untuk peserta didik yang ……… 
A. nakal 
B. sering membolos sekolah 
C. tidak disiplin 
D. memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
Jawab: D. benar, sebab pendidikan khusus diperuntukkan bagi anak-anak yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
Pembahasan: Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 1 KB 1 tentang Definisi dan jenis kebutuhan khusus 

contoh soal ujian ut pgsd,download soal uas ut pgsd,mkdk4001,silabus paket a setara sd,silabus ktsp sd kelas 2 semester 2,pdgk4104,site:.blogspot.com,kumpulan soal uas ut pgsd,soal pendidikan jasmani dan olahraga ut,soal ut pgsd semester 10,soal ut semester 8,download soal uas ut,soal ujian idik 4010,contoh rpp ktsp sd pdf,perspektif pendidikan sd,soal ujian ut semester 7,soal keterampilan menulis ut semester 6,soal matematika kelas 8 semester 2 dan kunci jawaban,soal ujian ut non pendas 2015,soal ujian universitas terbuka download,soal ujian ut pengembangan kurikulum dan pembelajaran di sd,soal ujian ut,soal uas ut semester 6,contoh soal pdgk 4405,soal ujian perspektif pendidikan sd,latihan soal uas ut pgsd,rangkuman pdgk4106 pendidikan ips di sd,soal ujian ut pgsd idik4007,download soal ujian ut,soal uas matematika ut pgsd,download rpp ktsp sd,soal ujian ut semester 4,soal ujian keterampilan menulis ut,mkdk4001 pengantar pendidikan,rpp tematik kelas 2 semester 2 terbaru,soal ujian ut matematika,bahasa inggris untuk guru sd pdgk 4304,rangkuman pdgk 4304,soal ujian ut semester 9,soal ujian ut pdgk 4406,soal ujian ut pgsd semester 1,persamaan kuadrat,soal ut pgsd semester 6,soal ut semester 6,pdgk 4302,soal ujian matematika ut,rpp kelas 3 sd ktsp 2006 doc,soal pdgk 4108,rangkuman pdgk4108,soal ujian ut pembelajaran pkn di sd


3. Salah satu penyebab munculnya kebutuhan khusus bagi anak-anak tertentu adalah …… 
A. memiliki kondisi fisik, emosional, mental, sosial, dan/atau kecerdasan atau bakat istimewa 
B. adanya perbedaan antara siswa yang satu dengan lainnya 
C. adanya kebutuhan umum < yang dimiliki oleh anak-anak 
D. kurangnya kasih sayang dari orang tua dan lingkungan anak
Jawab: A. Benar, kondisi fisik, emosional, mental, sosial,dan/atau kecerdasan atau bakat istimewa menyebabkan anak memerlukan kebutuhan khusus
Pembahasan: Untuk dapat menjawab soal ini Anda dapat membaca Modul 1 KB 1 tentang Penyebab dan dampak munculnya kebutuhan khusus


soal ujian pdgk 4405,soal ujian pdgk 4405 materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut pgsd pdgk 4405,soal ujian ut pgsd,soal ujian ut pendidikan seni di sd,soal uas ut pgsd,soal pdgk4405 materi dan pembelajaran ips sd,soal pdgk 4405,soal ujian ut pgsd semester 6,soal ut matematika pdgk4108,soal ujian ut pgsd semester 10,soal ujian materi dan pembelajaran ips sd ,soal uas ut pgsd semester 9,soal ujian ut pdgk 4208,soal uas ut pgsd semester 1,soal materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut semester 10,soal ujian ut materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut pgsd pdgk 4208,soal ujian ut pdgk 4405,rpp tematik kelas 2 semester 1 berkarakter,soal ujian ut pgsd 2017,contoh soal pdgk4405,soal ut semester 9,contoh soal pdgk 4208,soal uas ut semester 10,pdgk 4405,pdgk4304 bahasa inggris untuk guru sd,soal ujian ut pdgk 4502,soal ut pgsd,soal ujian ut semester 8,soal ut semester 10,soal ujian ut semester 6,soal pdgk 4405 materi dan pembelajaran ips sd,soal ujian ut pendidikan ips di sd 2017,soal ujian ut pgsd semester 9,soal uas ut pgsd semester 10 ,contoh soal ut pgsd,soal ujian matematika ut pgsd,soal uas ut pgsd semester 8,pdgk4405,soal uas ut semester 8 ,soal uas pendidikan seni di sd,soal uas perspektif pendidikan sd ut,soal ujian ut mkdk4001 pengantar pendidikan,soal ut semester 7,soal ujian ut matematika pdgk 4108,soal ujian ut pgsd semester 8,download soal ujian ut pgsd,soal uas pdgk 4405


Seluruhnya ada 50 Soal beserta pembahasannya. Untuk DOWNLOAD Filenya (dalam bentuk pdf) silakan klik gambar Download di bawah ini. silahkan klik kata download yah,,,
semoga bermanfaat

DOWNLOAD


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : soal ujian pengantar pendidikan anak berkebutuhan khusus

0 komentar:

Posting Komentar